Survei CPCS: 81,1 Persen Publik Puas dengan Kinerja Pemerintahan Jokowi | Pranusa.ID

Survei CPCS: 81,1 Persen Publik Puas dengan Kinerja Pemerintahan Jokowi


Presiden Joko Widodo (wargarukun.com)

PRANUSA.ID — Mayoritas masyarakat Indonesia puas dengan kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Hal tersebut terungkap dalam hasil survei yang dilakukan Center for Political Communication Studies (CPCS).

“Masih dalam situasi pandemi, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sangat tinggi,” kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S.K melalui keterangan tertulis, dilansir Antara, Jumat (4/2/2022).

Berdasarkan hasil survei CPCS, ditemukan sebesar 81,1 persen publik merasa puas, bahkan 7,1 persen merasa sangat puas atas kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sementara itu, yang menyatakan tidak puas sebanyak 18,3 persen di mana 1,2 persen merasa tidak puas sama sekali dan sisanya tidak tahu/tidak menjawab sebesar 0,6 persen.

Kepuasan publik atas kinerja tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah dalam hal mengatasi dampak pandemi COVID-19.

“Penurunan kasus berlangsung cepat disertai dengan pemulihan ekonomi setelah sempat dilakukan pembatasan sosial yang sangat ketat,” ujar dia.

Pada saat bersamaan, katanya, vaksinasi terus digencarkan di mana sasaran pemberian dosis pertama telah menembus 90 persen dan dosis kedua lebih dari 60 persen.

“Kendati kepuasan publik tinggi, pemerintah harus memperhatikan sejumlah hal seperti kenaikan harga komoditas yang dibutuhkan masyarakat khususnya minyak goreng,” tuturnya.

Survei CPCS dilakukan pada 21 hingga 30 Januari 2022 dengan jumlah responden 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top