Survei Persepsi Ideologi: Anies Cenderung Islamis, Ganjar Nasionalis | Pranusa.ID

Survei Persepsi Ideologi: Anies Cenderung Islamis, Ganjar Nasionalis


Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

PRANUSA.ID– Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas mengungkapkan ideologi para bakal calon presiden yang berlaga di Pilpres 2024 menurut pandangan para pemilih. Terutama, tiga bakal capres yang selama ini berada di papan atas elektabilitas.

Abbas mengatakan, berdasarkan hasil survei nasional SMRC pada Maret dan Agustus 2022, Anies Baswedan dinilai cenderung berideologi islamis.

“Menurut pandangan pemilih Pak Anies itu cenderung lebih islamis, dia (Anies) menginginkan Indonesia dijalankan dengan prinsip-prinsip lebih Islam,” ujar Abbas di acara diskusi Investor Daily Summit 2022 bertajuk ‘Understanding Indonesia’s Social Politic Landscape: Impact on Economic Growth and Investment Climate’ di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Hal ini, kata Abbas berbeda dengan Ganjar Pranowo yang dinilai pemilih cenderung berideologi nasionalis moderat atau lebih ke tengah sejalan dengan ideologi pemilih pada umumnya. Sementara, Prabowo Subianto cenderung berideologi ke kiri atau ultra nasionalis.

“Prabowo lebih ke kiri. Kita melihat kecenderungan Pak Prabowo ini lebih ultra nasionalis, implikasinya ke kebijakannya. Pak Anies lebih ke islamic populism, kecenderungan ke sana dan Ganjar cenderung moderat nasionalis,” ungkap Abbas.

Dampaknya, kata Abbas, mayoritas pemilih Anies adalah mereka yang menginginkan agar Indonesia dijalankan menurut ajaran Islam. Sementara mayoritas pemilih Ganjar adalah mereka yang menginginkan Indonesia dijalankan dengan prinsip Pancasila atau UUD 1945.

“Yang mengejutkan adalah pemilih Prabowo yang ternyata juga banyak dari mereka yang menginginkan Indonesia dijalankan menurut ajaran Islam,” tutur Abbas.

Dari hasil survei Maret dan Agustus 2022, kata Abbas, base pemilih yang menginginkan Indonesia dijalankan sesuai nilai-nilai Pancasila atau UUD 1945 sebanyak 59,8 persen dan pemilih yang menginginkan Indonesia dijalankan menurut ajaran Islam sebanyak 27,6 persen.

Dari 59,8 persen pemilih yang menginginkan Indonesia sesuai Pancasila/ UUD 1945 sebanyak 32 persen merupakan pemilih Ganjar Pranowo, 32 persen merupakan pemilih Prabowo Subianto dan 23 persen merupakan pemilih Anies Baswedan serta 13 persen pemilih tidak tahu atau tidak menjawab.

Lalu dari 27,6 persen pemilih yang menginginkan Indonesia sesuai ajaran Islam  sebanyak 38 persen merupakan pemilih Prabowo Subianto, 26 persen merupakan pemilih Ganjar Pranowo dan 26 persen merupakan pemilih Anies Baswedan serta 10 persen pemilih tidak tahu atau tidak menjawab.

Laporan: Severinus THD

Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top