Survei SMRC: Dua Tahun Kinerja Jokowi, 68,5% Masyarakat Puas | Pranusa.ID

Survei SMRC: Dua Tahun Kinerja Jokowi, 68,5% Masyarakat Puas


FOTO: Presiden Joko Widodo (Jokowi).

PRANUSA.ID– Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru saja merilis temuan survei opini publik nasional bertajuk “Dua Tahun Kinerja Presiden Jokowi” pada Selasa, (19/10/2021).

Salah satu temuannya adalah bahwa mayoritas responden menyatakan bahwa mereka puas dengan kinerja Presiden Jokowi, setidaknya sejak dua tahun terakhir (sejak awal periode kedua Jokowi), termasuk ketika memasuki masa pandemi Covid-19.

“Kita melihat evaluasi publik terhadap kinerja Presiden Jokowi secara umum, kita mencatat 68,5 persen masyarakat Indonesia sangat atau cukup puas dengan kinerja Presiden Jokowi,” ujar Direktur Eksekutif SMRC, Sirojuddin Abbas.

Dari sejumlah 68,5% tersebut, sebanyak 56,7% responden menyatakan cukup puas dan sebanyak 11,8% menyatakan sangat puas. “Yang kurang atau tidak puas sama sekali hanya akumulasinya 29,5%,” imbuh Sirojuddin.

Dari angka 29,5% tersebut, sebanyak 23,5% responden menyatakan kurang puas dan hanya sejumlah 6,0% yang menyatakan tidak puas sama sekali. Sementara itu, hanya sebanyak 2,0% responden menyatakan tidak tahu.

“Kalau kita lihat trennya dari April 2019 sampai saat ini, sebetulnya kita melihat pandemi yang terjadi di Indonesia dua tahun terakhir ini tidak terlalu berdampak terhadap kepuasan masyarakat kepada kerja Presiden Jokowi,” tambah Sirojuddin.

Survei opini publik ini digelar pada 15 – 21 September 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Sampel sebanyak 1220 responden dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 981 atau 80 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top