Usai Beri Pelayanan Investasi Terbaik, Ganjar Janji Perhatikan Pengusaha Kecil | Pranusa.ID

Usai Beri Pelayanan Investasi Terbaik, Ganjar Janji Perhatikan Pengusaha Kecil


FOTO: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Merdeka.com)

PRANUSA.ID — Kementerian Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menobatkan Jawa Tengah (Jateng) sebagai provinsi terbaik nasional terkait pelayanan investasi tahun 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam agenda Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2021 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Dalam kesempatan itu, Ganjar tidak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada jajarannya yang telah mereformasi kemudahan layanan investasi di Jateng.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kawan-kawan baik di provinsi maupun kabupaten atau kota atas capaian ini,” kata Ganjar.

Diketahui, sejumlah kabupaten atau kota di Jateng seperti Kota Semarang, Kabupaten Banyumas, serta Kabupaten Sragen turut mendapatkan penghargaan investasi terbaik, selain di tingkat provinsinya.

Ganjar mengungkapkan bahwa Jateng hingga kini selalu konsisten melaksanakan online single submission (OSS). Dia menyebut pihaknya juga terus memberikan kemudahan lain berupa pemberantasan pungli hingga pelayanan prima di mal.

“Kami juga menjadi guide untuk calon investor mulai dari masalah perizinan hingga proses pelaksanaan usaha,” ujarnya.

Menurutnya, seringkali para pengusaha mengalami kesulitan di tengah jalan sehingga pihaknya kemudian melakukan konsep after sale service yang mana pelayanan tidak begitu saja selesai usai izin dikeluarkan.

“Seringkali para pengusaha itu mengalami kesulitan di tengah jalan, jadi saya minta kawan-kawan bantu. Tidak hanya selesai saat memberikan izin di awal, tapi meng-guide mereka sampai akhir,” pinta Ganjar.

Di satu sisi, Ganjar merasa masih banyak hal yang harus dilakukan Jateng terkait pelayanan di sektor investasi. Untuk itu, ia berpesan agar jajarannya tidak cepat berpuas diri.

“Setelah pelayanan baik, maka selanjutnya adalah mewujudkan realisasi investasi,” ujar Ganjar.

Ganjar sendiri mengaku akan melaksanakan pesan Jokowi untuk merealisasikan investasi para pengusaha kecil, salah satunya usaha kecil menengah (UKM).

“Seperti pesan Bapak Presiden tadi, bagaimana meningkatkan realisasi. Beliau juga berpesan jangan hanya yang besar-besar, tetapi investasi kecil, seperti UKM dan lainnya,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan investasi merupakan salah satu kunci penting untuk percepatan pertumbuhan ekonomi. Ia meminta para kepala daerah di provinsi dan kabupaten atau kota untuk melakukan sebaik mungkin dalam urusan pelayanan dan perizinan investasi guna menarik minat para investor.

“Berikan pelayanan terbaik kepada semua investor, baik yang kecil, sedang, maupun besar. Semua harus dilayani dengan baik,” ungkap Jokowi.

 

 

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top