Usai Operasi, SBY Ucapkan Terima Kasih pada Jokowi hingga Megawati | Pranusa.ID

Usai Operasi, SBY Ucapkan Terima Kasih pada Jokowi hingga Megawati


FOTO: Susilo Bambang Yudhoyono (Dok. Pikiran Rakyat)

PRANUSA.ID– Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan kabar terbaru dirinya yang telah menjalani operasi kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat (AS).

“Pasca tindakan medis ini, major surgery saya masih melakukan pemulihan atau recovery setelah operasi besar itu yang saya lakukan di Rochester, hari ini saya juga melakukan kontrol,” ujarnya dalam video yang diunggah di akun Instagram @aniyudhoyono, Jakarta, Selasa (23/11/2021).

SBY menyebutkan, pasca tindakan operasi yang dilaksanakan 11 hari lalu, tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang SBY alami sesuai dengan perkiraan bagi siapa pun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya.

“Operasi besar yang saya jalani ini tentu memiliki sejumlah resiko. Pada usia saya yang ke-72 tahun ini resiko itu bertambah besar,” ujarnya.

Namun, SBY mengambil keputusan dan setelah berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia, terutama tim dokter kepresidenan bahwa tindakan operasi inilah paling tepat. Ternyata Mayo Klinik Roceshter juga berpendapat demikian, setelah melihat hasil patologi kanker yang ada di tubuh SBY.

“Bahwa pilihan ini sudah tepat dan benar. Mereka juga memiliki optimisme bahwa pada saatnya apa yang saya alami bisa diatasi dan bisa kembali normal. Tentu, ini semua akan terjadi dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa, dan teknologi keterampilan tim dokter Mayo Klinik seta tim dokter Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, SBY turut mengucapkan terima kasih yang mendalam ke sejumlah pihak, mulai dari Presiden Jokowi hingga Megawati.

“Secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Wakil Presiden Ma’ruf Amin atas kepedulian, perhatian, dan bantuannya untuk kelancaran pengobatan saya di Amerika Serikat. Demikian juga saudara-saudara kami yang tidak bisa saya ucapkan satu persatu,” paparnya.

SBY juga mengutarakan rasa terima kasih kepada Presiden RI ke 5 Megawati Soekarnoputri hingga dua mantan wakil presidennya.

“Saya juga berterima kasih kepada presiden RI ke 5 Megawati Soekarno putri atas kebaikan, doa baik beliau atas keadaan saya sekarang ini, juga untuk pak Jusuf Kalla, Pak Boediono.” ucap SBY.

SBY menambahkan, dalam beberapa waktu ke depan, ia masih akan berada di Rochester, AS, untuk melanjutkan pemulihan pasca tindakan operasi pengangkatan kanker prostat.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top