Viral, Anies Sebut Keturunan Arab yang Pertama Kali Mengakui Indonesia | Pranusa.ID

Viral, Anies Sebut Keturunan Arab yang Pertama Kali Mengakui Indonesia


FOTO: Saat Anies Baswedan masih berstatus sebagai calon gubernur DKI Jakarta hadir di bekas markas FPI di Petamburan, Jakarta.

PRANUSA.ID– Satu hari menjelang peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh hari ini, 28 Oktober, jejak digital Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal kiprah orang Arab dalam pengakuan terhadap tanah air Indonesia viral di Twitter.

Dalam video tersebut, Anies yang masih berstatus sebagai calon gubernur, hadir di bekas markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan, Jakarta. Terlihat, di situ ia bersama mantan imam besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Ia mencertikan bahwa keluarganya yang merupakan pendiri Partai Arab Indonesia (PAI). Pada 1934, PAI telah mendeklarasikan bahwa tanah air mereka adalah Indonesia.

“Bapak Ibu sekalian, orang arab mengatakan tanah airnya Indonesia tahun 1934, apa sih yang terjadi? Nekat! Tahun 34, nekat! Apakah Indonesia sudah ada? Belum! Belum!,” kata Anies dalam video.

“Kalau orang Jawa mengatakan saya Indonesia ternyata Indonesia tidak terjadi dia tetap Jawa. Orang Bugis mengatakan dia Indonesia ternyata Indonesia tidak terjadi maka dia tetap bugis,” lanjut Anies.

Lantas apa yang terjadi dengan orang Arab kalau Indonesia tidak ada?

“Lha ini orang Arab menyatakan saya orang Indonesia barangnya belom ada, kalau ternyata Indonesia tidak terjadi? Mau ngaku Jawa gak bisa, mau ngaku Arab dibilang ente sudah bilang Indonesia. Cari saja sana Indonesia sana, gak ada barangnya,” terang Anies.

Pada akhir video, Anies mengklaim hanya orang Arab pertama kali menyatakan sumpah pada tanah air Indonesia sebelum Indonesia ada.

“Mereka tuh menyatakan sumpah pada tanah air indonesia sebelum Indonesia-nya ada. Tidak ada yang melakukan itu kecuali keturunan Arab di Indonesia,” ucap Anies.

Potongan video ceramah Anies ini pertama diunggah oleh akun @RD_4WR1212 dan telah ditonton sebanyak 2.973 per Rabu, 27 Oktober pukul 18.43 WIB.

Akun @RD_4WR1212 dalam cuitan menuliskan, “Twips Dengerin Ceramah Mantan Mendikbud Capres RI Ke 2024. 1 Hari Lagi 28 Oktober 1928 Sumpah Pemuda di Laksanakan. Anies Mengatakan Hanya Orang Arab yg mendeklarasikan Tanah Air Indonesia sebelum Indonesia ada, Tidak ada yang melakukan itu kecuali keturunan Arab di Indonesia.”

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top