Wabup Flores Timur Minta Bantuan Pusat Atasi Bencana: Negara Jangan Tidur!


Banjir memporakporandakan rumah warga di Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (4/4/2021). (Dokumen warga/istimewa/KOMPASTV)

PRANUSA.ID — Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli mendesak pemerintah pusat untuk segera turun tangan dalam menangani banjir dan tanah longsor yang terjadi di sejumlah desa di daerahnya.

“Pemerintah pusat harus turun tangan. Negara kita jangan tidur bencana begini,” kata Agustinus dalam keterangannya dikutip CNN Indonesia, Minggu (4/4/2021).

Agustinus mengungkapkan bahwa pemerintah pusat belum memberikan bantuan sama sekali hingga saat ini. Padahal, ia menyebut pemerintah daerah tidak memiliki ketersediaan sumber daya yang cukup untuk menangani bencana.

Setidaknya, dia memaparkan ada tiga daerah yang terdampak banjir di Flores Timur, Nusa tenggara Timur, yaitu Kecamatan Wotan Ulumado, Ile Boleng dan Adonara Timur.

“Adonara Timur itu empat orang korban meninggal dunia sudah dievakuasi semua,” imbuh Agustinus.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bencana itu telah mengakibatkan kerugian materiil, yakni terendam, hanyut, dan hancurnya sejumlah rumah warga dan bangunan lain.

Selain itu, ia memantau setidaknya ada delapan jembatan penghubung antar kecamatan yang rusak sehingga berimbas pada terhambatnya proses evakuasi.

Meski begitu, Agustinus mengaku telah berupaya menghubungi pemerintah pusat secara jarak jauh. “Belum ada [tindakan pemerintah pusat], baru komunikasi by phone, online dan sebagainya,” ujar dia.

“Kami minta perhatian pemerintah pusat, sebisa mungkin dana tanggap darurat, peristiwanya darurat kemudian dana-dana untuk rekonstruksinya,” pungkasnya.

Laporan: Jessica C. Ivanny
Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top