DPP FORBAT Siapkan Dewan Pimpinan Daerah di Aceh dan Sumut, Ajak Diaspora Agara Bergabung


Tim Pembentukan DPD FORBAT di Aceh Tenggara

Pranusa.ID- Dewan Pimpinan Pusat Forum Batak Aceh Tenggara (DPP FORBAT) mulai melakukan penataan keorganisasian dan membentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Setelah mempersiapkan pembentukan DPD DKI Jakarta, FORBAT juga tengah menyiapkan pembentukan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Provinsi Sumatera Utara.

Ketua Umum DPP FORBAT, Ramses Sitorus menyebutkan bahwa pihaknya baru turun langsung di dua wilayah tersebut. Dari proses dan hasil musyawarah perwakilan masyarakat yang ada, ia menerima daftar nama yang telah diberikan mandat untuk pembentukan kepengurusan lengkap DPD.

“Ini momen baik. Saya ajak masyarakat Batak Aceh Tenggara bergabung dan bersatu dalam wadah FORBAT. Saya berharap juga para penerima mandat pembentukan DPD, akan dapat mengembangkan organisasi ini untuk kebaikan bersama” ujar Ramses dalam rilis yang diterima Pranusa.ID, Jumat (13/8/2021).

Ramses menambahkan DPD FORBAT diharapkan dapat menjadi wadah pemersatu masyarakat Batak Aceh Tenggara di mana pun berada. Agar ada giat sosial, budaya hingga ekonomi yang bisa dikerjakan bersama. Terlebih dalam upaya mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia daerah Aceh Tenggara.

Sejauh ini, untuk di Aceh Tenggara menurutnya telah diberikan mandat pembentukan DPD kepada Ganda Siregar bersama tim yang dipimpinnya. Sementara di Sumatera Utara mandat telah diberikan pada Aston Pasaribu untuk memimpin pembentukan. Dua wilayah ini merupakan satu basis terbesar dari masyarakat Batak Aceh Tenggara, sehingga diharapkan pembentukan kepengurusan DPD lengkap dan perjalanan program dapat berjalan dengan baik.

“Nantinya diharapkan dengan pembentukan DPD, maka fungsi sosial hingga ekonomi dari organisasi dapat berjalan. Untuk itu penting agar kepengurusan bisa terbentuk dan program kemitraan juga dijalankan bersama elemen pemerintah dan masyarakat setempat” ujar Ramses.

FORBAT sendiri yang pada 17 Agustus tahun ini merayakan usianya yang keempat tahun, merupakan wadah masyarakat Batak Aceh Tenggara untuk meningkatkan kapasitas serta solidaritas sosial. Melalui wadah ini diharapkan ada peran-peran dari masyarakat Batak Aceh Tenggara yang dikontribusikan bagi pembangunan daerah maupun masyarakat tempatnya menetap.

Tim Pembentukan DPD FORBAT di Sumatera Utara

Dengan diberikannya mandat pembentukan DPD, menurut Ramses saat ini bersama DKI Jakarta dan Jawa Barat, Banten telah disiapkan 5 DPD FORBAT. Pihaknya mengajak agar warga Aceh Tenggara di wilayah ini dapat berkumpul dan menggalang persatuan serta membuat program yang berguna bagi kebaikan mereka.

“Bagi saudari dan saudara kami masyarakat Batak Aceh Tenggara baik di Kutacane, Medan, DKI Jakarta, Banten maupun Jawa Barat, dapat menghubungi kami untuk bergabung. Bersama kita bangun persatuan untuk kemajuan bersama” ujar Ramses.

DPP FORBAT sendiri dalam berbagai aktivitas sosialnya, senantiasa menaruh perhatian pada berbagai isu kesejahteraan anggota. Salah satunya lewat aksi solidaritas dan sosial bersama, giat UMKM hingga konsultasi hukum bagi yang membutuhkan. Langkah-langkah kecil demikian menurutnya akan sangat membantu bagi warga pada saat membutuhkan. Sehingga bergabung dalam organisasi seperti FORBAT dinilai penting.

Tak hanya itu, DPP FORBAT juga telah berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara melalui Sekretaris Daerah, untuk menggali potensi kerja sama yang bisa dilakukan. Pada tingkat pusat, DPP FORBAT juga telah menyelesaikan proses pengurusan badan hukum organisasi dan selanjutnya terus mencari format kerja sama dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait.

 

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top