Paguyuban Social Project Bali Gandeng Berbagai Komunitas Gelar Aksi Donor Darah | Pranusa.ID

Paguyuban Social Project Bali Gandeng Berbagai Komunitas Gelar Aksi Donor Darah


FOTO: Paguyuban Social Project Bali mengadakan agenda Donor Darah Vol. 5 yang diadakan di Wantilan DPRD Provinsi Bali Jalan Dr Kusuma Atmaja No 3 Niti Mandala Renon Denpasar, Minggu (12/21/2021).

PRANUSA.ID– Pada hari Minggu (12/12/2021) dari pukul 08.00 s.d 13.00 WITA, Paguyuban Social Project Bali mengadakan agenda Donor Darah Vol. 5 yang diadakan di Wantilan DPRD Provinsi Bali Jalan Dr Kusuma Atmaja No 3 Niti Mandala Renon Denpasar. Dalam agenda donor darah Vol 5 Paguyuban Social Project Bali menggandeng UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali dan Berbagai Komunitas.

Komunitas yang turut berkolaborasi dalam agenda donor darah Vol 5 di antaranya Komunitas 234 SC Bali, Young On Top Bali, Iklim Poltekpar, Leo Club Bali Shanti, Komunitas Kakak Asuh Bali, Yayasan Ronald Mcdonald House Charities (RMHC) Indonesia, Komunitas Koalisi Sosial, Komunitas Malu Dong, UKM Kestrakom UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Smartfren Community, dan Komunitas Pecinta Ziarah Wali.

Acara donor darah Vol 5 ini dibuka oleh Perwakilan UDD PMI Provinsi Bali , Ketua Panitia Donor Darah Komang Ayu Cinthya Prameswari dan Ketua Paguyuban Social Project Bali I Gusti Putu Arya Utama.

Acara donor darah dimeriahkan dengan penampilan artis pop Bali Ayu Dwi Gita dan Eka Swastika, Narasi Band, Solo Singer M Ramdan, Solo Singer Aylin, Pojok Tarot dan Pijat Mata dari Kestrakom UHN I Gusti Bagus Sugriwa, dan berbagai stand sponsor yang hadir memanjakan kenyamanan para pendonor darah.

Selama lima jam agenda donor darah Vol 5 berhasil memperoleh 125 kantong darah dari total 160 peserta yang mendaftar. Adapun rincian kantong darah yang berhasil tersebut diantaranya sebanyak 18 kantong darah golongan A, 40 kantong darah golongan B, 9 kantong darah golongan AB, dan 58 kantong darah golongan O. Jumlah ini melebihi target panitia pelaksana yang mematok 100 kantong darah.

Agenda Donor Darah Vol 5 juga kehadiran tamu istimewa. Saat acara sedang berjalan Anggota Komisi I DPD RI Dapil Bali Dr. Shri I G N Arya Wedakarna MWS, SE. (MTRU)., M.Si hadir menyapa dan berinteraksi dengan para pendonor. Momen ini menjadi spesial karena banyak pendonor yang langsung mengantre meminta foto bersama.

Ketua Pantia Donor Darah Vol 5 Komang Ayu Cinthya Prameswari ditemui disela-sela agenda donor darah menceritakan bahwa ia dan panitia lainnya sudah mempersiapkan acara dengan matang satu bulan sebelumnya.

“Pesiapan begitu matang sehingga kami bisa melancarkan acara pada tanggal 12 Desember 2021. Acara ini pun dimeriahkan beberapa pengisi acara dan disupport oleh banyak komunitas dan sponsor-sponsor yang sudah membantu kami baik secara material maupun barang” tegas gadis yang menjabat sebagai Koordinator SDM Paguyuban Social Project Bali.

Lanjut sosok yang disapa Cinthya ini banyak tantangan yang ia lalui saat mengkonsep kegiatan donor darah 5. “Tantangannya sih penggalian dana agak sedikit kesulitan dalam mencari sponsor, namun dengan usaha dan kerjasama kita bisa mengumpulkan banyak sponsor yang dapat membantu kami dalam menyelenggarakan donor darah Vol 5 dengan lancar. Tantangan berikutnya adalah memanage banyak panitia yang memiliki kesibukan masing-masing adalah sebuah tantangan terbesar saya sebagai ketua panitia namun semua dapat diatasi karena kita selalu melakukan komunikasi yang dibantu juga oleh SC dalam mengarahkan kami” ungkapnya.

Gadis yang baru wisuda di New Media College ini, berharap kedepannya agenda donor darah Paguyuban Social Project Bali bisa lebih besar dan ruang lingkup semakin luas.

“Karena donor darah ini selain memiliki banyak manfaat, donor darah juga dapat menyelamatkan banyak nyawa. Pokoknya sukses terus buat Paguyuban Social Project Bali” tutur dara ayu kelahiran Denpasar, 14 Juni 2002 ini.

Salah seorang pendonor bernama Octorio Abel Tasman atau akrab disapa Abel begitu bahagia bisa ikut menjadi peserta donor darah Vol 5.

“Donor darah itu menyenangkan karena bisa menyelamatkan nyawa seseorang yang lagi membutuhkan darah dan membuat tubuh sehat serta menjadi ladang pahala bagi kita sendiri” pungkas mahasiswa Universitas Udayana yang sudah 20 kali ikut donor darah.

 

Laporan: Herdian Armandhani

Editor: Bagas R

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top