Mantan Aktivis PMKRI Jogja Minta Kekerasan di Tanah Papua Dihentikan


Mantan aktivis PMKRI Yogyakarta Marsianus N. Nggoi

Press Release Marsianus N. Nggoi

Swara Warga– Beredar sebuah video berdurasi 1:20 menit yang menunjukkan anggota TNI AU menginjak kepala seorang warga asli Papua viral di media sosial.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Pranusa.ID, mantan aktivis PMKRI Yogyakarta Marsianus N. Nggoi mengatakan, aksi yang dilakukan oleh dua oknum TNI AU tersebut sangat tidak terpuji dan melukai hati rakyat Papua.

Ia pun menuturkan, aksi tak manusiawi terhadap warga Papua yang dilakukan oleh aparat sebenarnya bukan baru pertama kali terjadi, melainkan sudah berulang – ulang. Menurutnya, hal tersebut menandakan bahwa negara gagal dalam melindungi warga negaranya.

“Saya menduga jika aksi ini bisa menimbulkan banyak protes dari berbagai kalangan di tengah situasi politik papua yang belum kondusif dan secara nasional negara sedang melawan pandemi Covid 19,” ujarnya.

Ia kemudian menekankan, TNI harusnya menjadi pengayom bagi seluruh warga negara, bukan dengan melakukan kekerasan. Ia berharap, kejadian tersebut tidak terulang kembali. Terakhir, mantan aktivis PMKRI yang biasa disapa Pechy ini meminta agar segera hentikan aksi kekerasan di Tanah Papua.

“Saya berharap negara tidak tutup mata dengan kejadian serupa, agak seluruh warga negara mendapatkan perlindungan dan keamanan,” pungkasnya.

 

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top