Adrianus Asia Sidot Yakin Unika Santo Agustinus Hippo Jadi The Center of Excellence | Pranusa.ID

Adrianus Asia Sidot Yakin Unika Santo Agustinus Hippo Jadi The Center of Excellence


FOTO: Anggota DPR RI Komisi X Fraksi Partai Golkar. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.si saat memberi kata sambutan dalam Grand Launching Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo, 29 September 2022.

PRANUSA–  Anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi Partai Golkar, Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.si, turut hadir dan memberi sambutan dalam acara Grand Launching Universitas Katolik (Unika) Santo Agustinus Hippo di Ngabang, Kalimantan Barat, pada 29 September 2022.

“Tentu kita patut bersyukur kepada Tuhan atas kesempatan yang amat baik ini, maka atas kasih dan karunia dari Tuhan, Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo ini dapat berdiri dan hari ini kita melakukan Grand Launching,” ujar Adrianus yang juga merupakan pembina Yayasan Landak Bersatu dalam sambutannya.

Mantan Bupati Landak dua periode ini turut menyampaikan bahwa Unika Santo Agustinus Hippo dapat hadir di Kalimantan Barat melalui proses panjang disertai ide dan perjuangan. Selain itu, menurut Adrianus, kehadiran Unika tersebut merupakan belas kasih dan mukjizat dari Tuhan.

“Hal ini bukan ujuk-ujuk muncul. Ini tentu melalui sebuah proses, melalui ide. Melalui sebuah yayasan yang waktu itu diketuai oleh Bapak Drs. Cornelis MH selaku Bupati Landak. Pada saat itu saya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Landak. Yayasan Landak Bersatu kemudian melahirkan STKIP Pamane Talino dengan penuh kesederhanaannya. Jadi universitas ini bisa hadir merupakan suatu karunia Tuhan, kalau boleh saya mengatakannya sebagai mukjizat,” jelas Adrianus Asia Sidot.

Ia pun menambahkan bahwa Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo diharapkan mampu menjadi The Center of Excellence di masa mendatang.

“Di tengah tempat yang sunyi ini, dikelilingi oleh pohon-pohon sawit, Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo ini hadir dan dimulai dari pedalaman bukan dari kota-kota besar. Kalau di kota besar, di Jakarta ataupun Pulau Jawa itu biasa sebuah Universitas berdiri, tapi Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo ini memiliki keunikan tersendiri,” katanya.

“Berdiri di Kabupaten yang masuk pedalaman, tapi tentu ini ada maknanya, dari kampung ini kita akan memulai sebuah karya besar karena saya percaya sebuah universitas ini pada gilirannya akan menjadi The Center of Excellence. Khususnya bagi masyarakat kabupaten landak dan Kalimantan Barat hingga Indonesia,” sambung Adrianus.

Dokumentasi Grand Launching Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo.

Lebih lanjut Adrianus Asia Sidot mengingatkan bahwa Unika Santo Agustinus Hippo harus mampu menyesuaikan dengan tantangan-tantangan kedepan. Tantangan-tantangan yang dimaksud Adrianus yakni seputar era teknologi digital yang sedang melanda seluruh dunia.

“Ada disrupsi dimana-mana, termasuk juga ini menjadi perhatian perhatian pimpinan universitas ini, agar bisa menyesuaikan dengan tuntutan kekinian. Saya berharap sebagai pembina yayasan bersama dengan Mgr.Agustinus Agus, yayasan juga bisa bergerak dengan cepat dalam menghadapi tantangan-tantangan ke depan karena sebuah universitas baru akan diakui oleh masyarakat jika dia bisa membantu masyarakat keluar dari kesulitan-kesulitannya,” terang Adrianus Asia Sidot.

Selain itu, Adrianus Asia Sidot menyampaikan bahwa model pembelajaran juga menjadi pekerjaan rumah.

“Apalagi di sini pusatnya adalah keguruan, sehingga sistem-sistem pembelajaran ini juga harus menjadi perhatian yang serius. Saya harapkan model-model pembelajaran juga direformasi. Sekarang dari Kemendikbud sedang membangun paltform digital untuk pendidikan Indonesia yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia ini sesuai dengan tuntutan Industri 4.0,” katanya.

Di akhir sambutannya Pembina Yayasan Landak Bersatu tersebut menyampaikan optimismenya bahwa Unika Santo Agustinus Hippo ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Di bawah Ketua yayasan Romo Robini dan seluruh mitra kerja Universitas yang sangat berpengalaman ini, saya sangat percaya bahwa pada gilirannya Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo ini benar-benar akan menjadi center of excellence di Indonesia dan disegani. Sebagaimana Santo Thomas di Manila dan santo Agustinus Hippo di Landak ini juga akan menjadi mercusuar bagi semua orang. Proficiat selamat atas di launchingnya atau atas terlaksananya Grand Launching Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo. Ini adalah langkah kecil yang akan menghadirkan perubahan besar untuk kemajuan Sumber Daya Manusia,” pungkas Adrianus.

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top