Jadi Penghasil CPO, Posisi Kalbar Dinilai Strategis Bagi G20 | Pranusa.ID

Jadi Penghasil CPO, Posisi Kalbar Dinilai Strategis Bagi G20


Ilustrasi: Hasil Sawit.

PRANUSA.ID– Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Cabang Kalimantan Barat Purwati Munawir mengatakan posisi Kalbar sangat strategis dalam perhelatan Presidensi G20 Indonesia. Pasalnya, daerah itu merupakan produsen energi hijau dari minyak kelapa sawit.

“Ada tiga isu utama yang diangkat dalam Presidensi G20 Indonesia. Pertama, arsitektur kesehatan global. Kedua, transisi menuju ekonomi dan energi hijau. Ketiga, digitalisasi atau transformasi digital. Terkait isu energi hijau, Kalbar strategis sebagai penghasil CPO yang menjadi sumber energi hijau,” ujarnya di Pontianak, Selasa, 15 November 2022.

Ia menjelaskan dalam G20 Indonesia mengajukan pemanfaatan energi terbarukan atau optimalisasi energi hijau menjadi salah satu tema prioritas mengingat saat ini G20 menyumbang sekitar 75 persen permintaan energi global.

Lanjutnya, G20 sedang berupaya memperkuat sistem energi global yang berkelanjutan dan transisi yang berkeadilan. “Kalbar sebagai salah satu daerah yang dilintasi garis khatulistiwa, mempunyai potensi untuk pemanfaatan energi terbarukan. Selain itu, Kalbar merupakan daerah penghasil energi nabati berskala besar dari bahan baku kelapa sawit,” jelas dia.

Menurutnya energi hijau sangat menarik dan harus menjadi komitmen bersama. Apalagi pemanfaatan energi terbarukan merupakan strategi pemerintah dalam mengantisipasi kelangkaan fosil energi di masa yang akan datang.

“Kebijakan pemerintah ini juga sebagai bentuk antisipasi mengamankan serapan pasar global bagi komoditas sawit kita. Kita sebagai pelaku usaha pada komoditi ini tentu menyambut baik kebijakan pemerintah dengan B30 menuju B40 sebagaimana dibahas juga pada pertemuan tahunan dalam forum IPOC 2022, Konferensi Kelapa Sawit Indonesia ke-18. Untuk prospek harga sawit 2023 kami optimis masih tetap pada kondisi baik,” jelas dia.

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top