Macet Parah! Walikota Pontianak: “Tidak Memungkinkan Hanya Gunakan Satu Jembatan” | Pranusa.ID

Macet Parah! Walikota Pontianak: “Tidak Memungkinkan Hanya Gunakan Satu Jembatan”


Walikota Pontianak Edi Kamtono. (Gambar: Tribun Pontianak)

 

PRANUSA.ID — Akibat adanya pengerjaan pemasangan bracing, jembatan Kapuas II ditutup selama 20 hari mendatang sejak pukul 12.00 hingga pukul 24.00, sehingga aktivitas lalu lintas masyarakat Pontianak terpusat di Jembatan Kapuas I. Hal ini tentu mengakibatkan kemacetan luar biasa di jalanan.

Oleh karena itu, untuk meminimalkan dampak kemacetan tersebut, instruksi evaluasi segera diturunkan oleh gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.

“Setelah melihat kondisi kemacetan yang luar biasa, maka segera lakukan evaluasi jam penutupan untuk Jembatan Kapuas II,” ujar Midji saat diwawancarai, Senin (14/10/2019).

Bahkan, Midji juga akan melakukan buka tutup Jembatan Kapuas II untuk mengurangi dampak kemacetan. Sebab kalau dibiarkan, kata Midji, maka semakin lama perbaikannya bahaya juga karena mengurangi daya dukung beban.

Maka dari itu, buka tutup Jembatan Kapuas II penting untuk mencegah kemacetan parah seperti di hari pertama. Apalagi saat jam-jam sibuk atau padat, karena pagi dan sore sangat padat.

Bagi masyarakat yang sering berlalu lalang di sekitar jembatan Kapuas II, simak jadwal yang disampaikan Pak Sutarmidji berikut.

1. Dari jam 05.00-10.00 buka.

2. Dari jam 10.00-15.00 tutup.

3. Dari jam 15.00-22.00 buka.

4. Dari jam 22.00-05.00 tutup.

Tak hanya itu, Dinas Perhubungan Kota Pontianak juga telah diminta oleh Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono untuk melakukan evaluasi terkait penutupan jembatan Kapuas II.

Mulai dari Jalan Tanjungpura, Imam Bonjol, Veteran, Ahmad Yani, bahkan Pontianak Timur, terus terjebak dalam kemacetan sebagai akibat padatnya jembatan Kapuas I yang dibebani arus lalu lintas massa.

“Saya minta Jembatan Kapuas II dibuka saja, kalau bisa pengerjaan atau penutupan itu malam saja. Tutup dari pukul 20.00-05.00 subuh, atau pukul 21.00-06.00 pagi,” kata Edi Kamtono, Senin, (14/10/2019).

Bahkan, Edi berkata bahwa tidak memungkinkan hanya gunakan satu jembatan. Oleh karena itu, harus ada evaluasi Jembatan Kapuas II. Selain itu, penutupan jembatan, diminta Edi, dilakukan saat malam saja.

 

 

Penulis: Cornelia

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top