Panen Bawang Merah, Bupati Bengkayang Dorong Pengembangan Sektor Pertanian | Pranusa.ID

Panen Bawang Merah, Bupati Bengkayang Dorong Pengembangan Sektor Pertanian


Pranusa.ID- Sektor pertanian bawang merah di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat terus bergeliat. Budidaya oleh kelompok tani disebut berhasil mendorong produktivitas panen menjadi 11,8 ton per hektar.

 

Dalam kesempatan panen perdana bawang merah tersebut, Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis turut meresmikan bangsal pascapanen hortikultura. Ia pun mendukung budidaya ini karena potensi pengembangannya.

 

“Bawang termasuk salah satu komoditas yang mempengaruhi inflasi. Kebutuhan akan bawang merah untuk Kabupaten Bengkayang sendiri sebesar 9,66 ton per minggu. Oleh karena itu jangan anggap remeh tanaman ini,” ucapnya sebagaimana dikutip dari Antara, baru-baru ini.

Sebastianus juga turut mengingatkan pentingnya sektor pertanian untuk mendukung ketahanan pangan di Indonesia, khususnya di Bengkayang.

Ia pun meminta agar petani dapat mengembangkan komoditas lain dan tidak hanya menanam satu jenis komoditas saja.

 

Pihaknya pun mengaku akan mendukung pengembangan ini dengan pembenahan beberapa hal. Termasuk menghadirkan teknologi pertanian yang modern. Terkait Sumber Daya Manusia termasuk penyuluh pertanian, ia mendorong agar mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan, serta infrastruktur penunjang.

 

Kabid Hortikultura Provinsi Kalbar Bader Samsara menambahkan capaian yang berasal dari Gapoktan Bina Maju, Desa Bengkilu ini memuaskan.

,
“Hasil ubinan panen memuaskan di lahan yang berada di Kecamatan Tujuh Belas tersebut mencapai 11,8 ton per hektare,” ujarnya.

 

Bader menyebut bahwa di Kalbar ada 3 daerah sasaran pengembangan bawang merah. Di Kabupaten Bengkayang seluas 1 hektar, Sintang seluas 4 hektar dan Kapuas Hulu seluas 1 hektar. Luasan ini dinilai masih belum signifikan, sehingga perlu pengembangan lebih lanjut.

 

Kabupaten Bengkayang sendiri menurutnya masuk dalam sasaran pengembangan dalam APBD 2021 karena lokasinya yang cocok.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top