Pemkot Pontianak Ajak Masyarakat Proaktif Laporkan Masalah Perkotaan | Pranusa.ID

Pemkot Pontianak Ajak Masyarakat Proaktif Laporkan Masalah Perkotaan


ILUSTRASI: Lapor.

PRANUSA.ID– Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan mengajak masyarakat di Ibu Kota Kalimantan Barat itu untuk proaktif mengadukan atau melaporkan masalah perkotaan lewat laman lapor.go.id.

“Saya mengajak masyarakat untuk mengadukan persoalan sekitarnya, mulai dari infrastruktur, pelayanan, dan hal lainnya yang berkaitan tentang Kota Pontianak di platform Lapor yang telah disediakan,” kata Bahasan di Pontianak, Jumat.

Dia menjelaskan perlunya keterlibatan seluruh pihak untuk meningkatkan pembangunan, salah satunya dengan melaporkan masalah yang ditemukan di sekitarnya.

Kemudian dalam menanggapi setiap laporan tersebut, Bahasan meminta kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak untuk selalu siaga menerima aduan dari publik, terutama yang menggunakan platform Lapor, hal itu dilakukan agar penyelesaian masalah dapat terintegrasi dengan baik.

“Namun saya juga pesan, supaya setiap penyelesaian itu dilakukan dengan bijaksana dan humanis,” ujarnya

Bahasan memaparkan, di tahun 2021, terdapat 120 pengaduan yang masuk ke laman lapor tersebut, dan dari total itu, 50 persen pengaduan sudah diselesaikan. Dia menargetkan, di tahun 2024 nanti, 95 persen pengaduan harus diselesaikan.

“Harapannya semuanya bisa diselesaikan, tapi tentu ini memerlukan waktu. Dengan keterlibatan masyarakat, saya yakin bisa meningkat,” katanya.

Dia menilai, meningkatnya pengaduan secara tidak langsung akan menumbuhkan kepedulian warga kota dengan lingkungannya. Menurutnya, platform lapor membantu warga yang merasa belum mampu menyelesaikan masalah secara langsung.

“Dan ini menunjukkan jika Pemkot Pontianak hadir untuk menerima aduan. Selama masih dalam wewenang kami, akan ditindaklanjuti,” katanya.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top