Jadi Inspirasi Perdamaian, Patung Bung Karno Berdiri Gagah di Mexico City | Pranusa.ID

Jadi Inspirasi Perdamaian, Patung Bung Karno Berdiri Gagah di Mexico City


Puan Meresmikan Taman Soekarno di Mexico City (Gambar : Instagram Puan Maharani)

 

PRANUSA.ID- Patung presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno, berdiri di tengah taman kecil yang bertuliskan  Soekarno Parque atau Taman Soekarno.

Keberadaan patung itu diunggah oleh cucu Bung Karno Puan Maharani yang kini menjadi Ketua DPR RI melalui laman instragram pribadinya.

“Meresmikan Soekarno Park di Mexico City, 26 September 2019,” tulis Puan di akun Instagramnya Jumat (4/10/2019).

Ia berterima kasih kepada pemerintah Meksiko khususnya Walikota Meksiko City Walikota Venustiano Carranza yang telah membangun patung tersebut.

Ia pun turut menyampaikan rasa terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Duta Besar RI di Mexico City beserta pejabat dan staf di KBRI Mexico City, Ketua COMAEP dan pematung Edyza Ponzanelli yang terlibat dalam pembangunan patung Soekarno.

“Ini merupakan simbol pengingat kita semua (warga kedua Negara) bahwa Indonesia dan Meksiko memiliki jejak sejarah yang kuat dan hubungan yang erat di segala bidang,” kata Puan.

Dilansir dari Kemenkopmk.go.id pembangunan patung Bung Karno di Meksiko City merupakan hasil inisiatif dari pemerintah kota Meksiko City sendiri.

Alasan utama pembangunan monumen itu sebagai bentuk apresiasi Meksiko terhadap Bung Karno yang dianggap sebagai tokoh perdamaian dunia

Ia dianggap telah mendorong kemerdekaan dan kemandirian bangsa-bangsa di dunia dari penjajahan melalui prakarsanya untuk menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955.

Penulis : Kris

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top