Beberapa Desa di Sintang Dilanda Banjir, Warga Belum Ada yang Mengungsi | Pranusa.ID

Beberapa Desa di Sintang Dilanda Banjir, Warga Belum Ada yang Mengungsi


ILUSTRASI: BANJIR.

PRANUSA.ID– Beberapa desa di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, saat ini tengah dilanda banjir. Hal tersebut disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Selasa, (14/09/2021).

Salah satu desa yang terkena musibah tersebut adalah Desa Terusan, Kecamatan Kayan Dedai, Kabupaten Sintang, Kalbar.

Dalam keterangannya, Kepala Bidang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, Sugianto, menyebutkan banjir yang terjadi telah menutup akses jalan masuk ke Kabupaten tersebut.

“Hujan hampir setiap hari, puncaknya hari Selasa kemarin sampai menutup akses jalan menuju desa di hari Rabu dan Kamis,” jelas Sugianto dilansir dari OkeZone (17/9/2021).

Lebih lanjut, BPBD setempat melaporkan Tinggi Muka Air saat kejadian sekitar kurang lebih 50 sampai 100 sentimeter.

Banjir tersebut pun disebutkan berdampak pada 35 KK atau 140 jiwa. Selain itu, sebanyak kurang lebih 35 unit rumah warga terdampak. Bahkan, beberapa ladang dan perkebunan warga juga ikut terendam.

Namun, di tengah kondisi yang seperti itu, disebutkan bahwa belum ada laporan warga yang memilih untuk mengungsi. Hal itu dikarenakan rata-rata rumah warga adalah rumah panggung.

“Tidak ada masyarakat mengungsi karena kebanyakan rumahnya adalah rumah panggung. Hanya saja aktifitas warga harus terhenti,” kata Sugianto.

Sementara itu, menurut BMKG, wilayah Kalimantan Barat hari ini masih berpotensi mengalami hujan lebat. Sehingga, diharapkan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaannya.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top