Peringatan BMKG: Suhu di Kalbar Meningkat, Waspada Kebakaran Lahan


Ilustrasi: Tugu Khatulistiwa

PRANUSA.ID– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini terkait potensi peningkatan suhu dan penurunan kelembaban udara yang dapat memicu potensi kebakaran hutan atau lahan, di Kalimantan Barat (Kalbar).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id pada Senin pagi (26/07/2021), dikatakan suhu di sejumlah daerah di Kalimantan Barat berkisar rata-rata 25 hingga 34 derajat Celcius, dengan tingkat kelembapan udara berkisar di angka 55 hingga 100 persen.

Cuaca yang cukup terik terjadi di Kota Kubu Raya serta Sekadau. Sementara mayoritas daerah lainnya dinaungi situasi langit yang cerah berawan. Hujan diprakirakan hanya mengguyur wilayah Sintang pada malam hari.

BMKG juga melaporkan prakiraan cuaca untuk sejumlah kota besar di Indonesia yang didominasi kondisi langit cerah sepanjang hari, seperti Aceh, Bengkulu, Surabaya, Makasar.

Sedangkan daerah yang diperkirakan akan diguyur hujan berskala ringan di antaranya Jayapura pada dini hari, Manokwari pada siang dan malam, serta Medan pada malam hari.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C.. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top