Relawan Pro Jokowi Sebut Kejati Kalbar Sosok Inspiratif | Pranusa.ID

Relawan Pro Jokowi Sebut Kejati Kalbar Sosok Inspiratif


FOTO: Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Masyhudi.

PRANUSA.ID– Relawan Pro Joko Widodo (Projo) menilai Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Masyhudi merupakan sosok pemimpin yang sangat menginspirasi. Hal ini setidaknya dilihat dari kinerja Mashudi selama memimpin Kejati Kalbar.

“Saya melihat Pak Masyhudi ini sangat menginspirasi, terutama bagaimana prestasinya yang telah membuat Biro Kepegawaian (Biropeg) Kejaksaan sebagai satu-satunya unit yang mengelola sumber daya manusia (SDM) yang mampu mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pro Jokowi (Projo) Indramayu Agus Suwarjono dalam keterangannya, Rabu (26/10/2022).

Agus menilai langkah dari Kejatti Kalbar Ini sejalan dengan program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Menurut pimpinan organisasi kemasyarakat pendukung Presiden Jokowi itu, Masyhudi sebagai penegak hukum dari Korps Adhyaksa perlu mendapatkan apresiasi.

Ibadah nyata yang diwujudkan birokrat kejaksaan berkelas internasional adalah keinginan pria kelahiran Semarang 17 Juni 1968 ini.

“Semua itu sudah diwujudkan Masyhudi pada waktu menjabat sebagai kepala Biro Kepegawaian, dengan membangun enam area perubahan di satuan kerja Biro Kepegawaian. Kerja nyata tersebut dilakukan sebagai kerja keras mewujudkan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” jelasnya.

Adapun enam area perubahan itu di antaranya, Area Penataan Tata Laksana yang meliputi pembangunan sistem kerja, manajemen kerja maupun inovasi-inovasi yang mendukung kinerja yang terdiri dari pembenahan SOP seluruh pelaksanaan tugas dan fungsi dari seluruh bagian.

Redesign Website meliputi pelayanan berbasis digital antara lain kanal e-izin, yang merupakan fasilitas kepada pegawai Kejaksaan yang akan mengajukan izin ke luar negeri secara online, informasi alur layanan maupun standar pelayanan, jadwal Diklat pada tahun berjalan, informasi beasiswa, pemberitaan kinerja Biropeg, kanal Reformasi Birokrasi yang memberitakan progres pembangunan zona integritas pada Biro Kepegawaian dan informasi rekrutmen CPNS, alur penerimaan CPNS hingga pengumuman CPNS secara transparan.

Bukan hanya itu, aktivasi media sosial berupa Instagram, Facebook, Twitter dengan menampilkan kinerja dan informasi yang diperlukan, akses data pegawai secara online sehingga seluruh pegawai dapat mengakses data pribadinya melalui gawainya masing-masing sekaligus adanya email pribadi dengan domain @kejaksaan.go.id dan pembuatan e-office berupa pembuatan aplikasi administrasi perkantoran yang memungkinkan alur distribusi adiministrasi menjadi terpantau dan lebih cepat serta mendukung administrasi secara paperless.

Ditambah lagi ada area penataan sistem manajemen SDM yakni pengiriman SDM Biro Kepegawaian pada pelatihan-pelatihan kepegawaian modern, seperti Certified Human Resouces, Bimtek Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian.

Berikutnya, Area Penguatan Akuntabilitas yakni pembenahan manajemen pelayanan dengan mengaplikasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, yang pada tanggal 31 Mei 2019, Biro Kepegawaian secara resmi telah menerima akreditasi ISO 9001:2015. Lalu ada Area Penguatan Pengawasan dan Area Peningkatan Pelayanan Publik.

Ia juga melakukan perubahan-perubahan di Biropeg Kejaksaan yang berfokus pada tata kelola pengembangan kompetensi pegawai utamanya dalam pemberian pelayanan pendidikan di lingkungan Kejagung.

Beberapa pelayanan yang diberikan adalah dengan memfasilitasi pemberian beasiswa pendidikan formal kepada Unhas, Unila, Unpad, UGM, Unand, Beasiswa Eka Tjipta Foundation, dan LPDP serta adanya kelas kerja sama Undip-Kejagung.

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. 

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top