Adakan Gelar Karya P5, SMP Budya Wacana Ajarkan Peserta Didik Berwirausaha Sejak Dini | Pranusa.ID

Adakan Gelar Karya P5, SMP Budya Wacana Ajarkan Peserta Didik Berwirausaha Sejak Dini


FOTO: Projek P5 SMP Budya Wacana

Laporan: Angga Riyon ¦ Editor: Jessica C. Ivanny

PRANUSA.ID– Kurikulum merdeka yang diterapkan oleh pemerintah pada awal tahun ajaran lalu memberikan dampak  begitu besar dalam perkembangan pembelajaran peserta didik terutama yang terdapat di kota Yogyakarta.

Selain pembelajaran yang lebih menyenangkan dibawakan kepada peserta didik, kurikulum ini juga banyak mengajarkan hal baru kepada peserta didik agar dapat lebih mandiri dan peka terhadap lingkungan sosial.

Salah satu sekolah di kota Yogyakarta yang telah memulai menerapkan kurikulum ini adalah SMP Budya Wacana.

Penerapan kurikulum merdeka di SMP Budya Wacana diterapkan pada kelas VII Tahun Ajaran 2023/2024.

Hal ini membuat para peserta didik dan para guru antusias dalam menyambut kurikulum baru ini dikarenakan dalam satu semester peserta didik diberikan tantangan untuk menjalankan Projek P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Untuk mendukung kegiatan P5 tersebut, SMP Budya Wacana pada Selasa (4/4/2023) melaksanakan Gelar Karya bertema “Kewirausahaan” dengan menyajikan hasil karya peserta didik beserta pedamping.

Hasil karya dipamerkan di depan tamu undangan sekolah, yakni perwakilan dari beberapa sekolah lain, Dinas Pendidikan, dan orang tua siswa.

Kegiatan Gelar Karya diikuti oleh seluruh para peserta didik kelas VII. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan menyanyikan Indonesia Raya dan sambutan oleh Kepala SMP Budya Wacana dan beberapa tamu undangan dari Dinas Pendidikan.

Pada kesempatan tersebut, anak-anak mempresentasikan hasil karya mereka berupa makanan dan minuman yang dikemas dan diberikan label secara menarik sehingga dapat dijadikan sebagai kegiatan yang berkelanjutan untuk kedepannya.

Salah satu guru SMP Budya Wacana, Bu Ayu, mengungkapkan bahwa orang tua siswa terlihat sangat antusias mengikuti Gelar Karya.  Selain itu, acara ini juga menurutnya dapat menjadi ajang promosi sekolah secara positif.

“Orang tua siswa banyak yang antusias yang mengunjungi beberapa stand, dan dalam Gelar Karya ini juga dapat dijadikan sebagai ajang promosi sekolah untuk menarik para peserta didik baru agar dapat bergabung dengan SMP Budya Wacana. Karena banyak ditampilkan juga bakat-bakat para siswa yang  ikut unjuk kebolehan saat berlangsungnya Gelar Karya ini,” katanya.

Selain menampilkan hasil karya peserta didik pada Projek P5, para peserta didik juga mempamerkan hasil karya yang terdapat pada projek sebelumnya, yaitu berupa pupuk organik berupa hasil dari pengolahan sampah organik yang sudah bisa mulai dipanen dan dapat dirasakan manfaatnya bagi para warga sekolah dan sekitarnya.

Projek tema kewirausahaan ini diharapkan dapat membekali peserta didik dengan ilmu kewirausahaan yang selaras juga dengan program unggulan Budya Wacana “Enterprunership”.

Ke depannya, juga dapat lebih banyak orang tua yang dapat mendukung program Projek P5 agar berwirausaha menjadi bagian yang baik untuk diperkenalkan kepada peserta didik sejak dini, selain dapat menambah wawasan pada akhirnya berwirausaha juga dapat membuka lapangan pekerjaan dan menumbuhkan kerja keras serta kemandirian dalam diri peserta didik.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top