Lawan Resesi, Bank Indonesia Mesti Naikkan Suku Bunga Acuan | Pranusa.ID

Lawan Resesi, Bank Indonesia Mesti Naikkan Suku Bunga Acuan


FOTO: Bank Indonesia

PRANUSA.ID– Bank Indonesia (BI) dianjurkan segera menaikan suku bunga acuan yang kini masih bertahan di level 3,50 persen. Ini perlu dilakukan untuk meredam tekanan inflasi dan ancaman krisis ekonomi global yang makin mengintai.

The Fed sendiri selaku bank sentral Amerika Serikat (AS) telah menaikan suku bunga acuannya sebesar 150 basis poin (bps) sepanjang semester pertama 2022. Kenaikan agresif itu akan berlanjut pada Juli mendatang, yakni antara 50-75 bps.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira mendorong KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan) untuk melakukan beberapa hal dalam jangka pendek.

Seperti, melakukan stres test terhadap perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lain. Terutama berkaitan dengan dampak resesi di AS, keluarnya modal asing, dan kenaikan suku bunga The Fed yang eksesif.

“Segera menaikkan suku bunga 50 bps sebagai langkah pre-emptives hadapi tekanan inflasi di semester ke II 2022,” kata Bhima kepada Liputan6.com, Minggu (26/6).

Selanjutnya, KSSK juga dinilai perlu memperbaiki jaring pengaman sistem keuangan, terutama pada skenario bail in.

Kemudian, Bhima juga mendorong adanya penambahan negara mitra local currency settlement (LCS), dan lalu pemberian insentif lebih besar bagi pelaku susaha ekspor agar menukar devisa dolar dengan rupiah.

“Tingkatkan serapan investor domestik dalam SBN (Surat Berharga Negara) untuk cegah volatilitas akibat keluarnya investor asing di pasar obligasi,” pungkas Bhima.

Liputan 6

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top