Menkeu: Butuh Pelayanan Publik yang Modern dan Infklusif Hadapi Endemi | Pranusa.ID

Menkeu: Butuh Pelayanan Publik yang Modern dan Infklusif Hadapi Endemi


FOTO: Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani. (Dok. Pikiran Rakyat).

PRANUSA.ID– Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dalam menghadapi endemi COVID-19 dibutuhkan transformasi pelayanan publik yang lebih modern dan inklusif terutama di sektor kesehatan.

Melalui transformasi pelayanan di sektor kesehatan tersebut, diyakini dapat menciptakan sistem kesehatan yang lebih baik bahkan dapat berkontribusi secara global dalam menangani COVID-19.

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara Festival Transformasi Kemenkeu di Jakarta, pada Selasa (19/10/2021).

“Ikhtiar yang menjadi setting di Kemenkeu terkait transformasi dan pelayanan publik yang inklusif dan modern. Bagaimana kita bisa mendukung transformasi di bidang kesehatan,” jelasnya.

Ia menegaskan upaya ini harus dilakukan mengingat pandemi COVID-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun telah menimbulkan konsekuensi luar biasa baik dari sisi masyarakat, dunia usaha, kesehatan, ekonomi, sosial serta keuangan negara.

“Pendapatan negara turun seiring perekonomian masyarakat yang tertekan sehingga pemerintah harus menggunakan uang negara untuk menangani kesehatan, sosial, usaha, dan menjaga momentum pemulihan serta pembangunan yang tetap harus berjalan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, menurut Sri Mulyani, transformasi pelayanan publik menuju ke arah yang modern dan inklusif ini setidaknya dapat mendorong percepatan serta akselerasi program vaksinasi.

Pemerintah sendiri menginginkan vaksinasi COVID-19 mampu menjangkau sekitar 70 persen dari total penduduk Indonesia untuk mencapai herd immunity sehingga aktivitas perekonomian dapat berjalan normal kembali.

“Vaksinasi harus diteruskan karena kita belum mencapai 40 persen dan kita ingin mencapai 70 persen dari penduduk kita. Kita harus tetap hidup berdampingan dengan COVID-19 ini dalam fenomena endemi,” tandas Sri Mulyani.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top