Menteri Investasi Prediksi Ekonomi di Kuartal III Tahun 2021 Tumbuh Hingga 4% | Pranusa.ID

Menteri Investasi Prediksi Ekonomi di Kuartal III Tahun 2021 Tumbuh Hingga 4%


Ilustrasi ekonomi: detik.com

PRANUSA.ID– Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, memprediksi pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal III tahun 2021 berkisar antara 3% – 4%. Hal itu menurutnya tak terlepas dari capaian realisasi investasi hingga kuartal III 2021.

Sebagai informasi, realisasi investasi sepanjang triwulan III 2021 tercatat mencapai Rp216,7 triliun, tumbuh 3,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy), meski melambat 2,8% dibandingkan triwulan sebelumnya (quarter-to-quarter/q-t-q).

Secara kumulatif, sepanjang Januari-September 2021 realisasi investasi mencapai R659,4 triliun atau mencapai 73,3% dari target yang ditetapkan Presiden Jokowi sebesar Rp900 triliun.

“Jadi menurut saya, ini menurut saya loh, dengan data Kementerian Investasi nih, mungkin di kuartal ketiga pertumbuhan ekonomi kita ya di antara 3% sampai 4%, kalau saya lihat dengan realisasi investasi. Tapi itu baru perkiraan,” katanya dalam paparan realisasi investasi secara daring di Jakarta, Rabu (27/10/2021).

Sosok yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini menyebut capaian realisasi investasi sepanjang Januari-September 2021 itu tumbuh 7,8 persen secara yoy.

Bahlil mengakui dibutuhkan kerja keras untuk bisa mencapai target realisasi investasi sebesar Rp900 triliun. Namun ia optimis target bisa tercapai.

“Kami telah melakukan kalkulasi, mapping, terhadap beberapa investasi yang sudah realisasi dan calon yang masuk di kuartal IV dengan peluang yang ada. Doain tercaai di angka Rp900 triliun,” tandasnya.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top