Serikat Karyawan Khawatir Garuda Indonesia Bernasib Seperti Indosat | Pranusa.ID

Serikat Karyawan Khawatir Garuda Indonesia Bernasib Seperti Indosat


FOTO: Salah satu unit pesawat Garuda Indonesia.

PRANUSA.ID– Ketua Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) Tomy Tampatty khawatir Garuda memilik nasib yang sama dengan Indosat zaman Megawati sebagai Presiden pasca munculnya opsi pengurangan saham pemerintah (dilusi).

Usulan tersebut muncul setelah Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan opsi dilusi untuk melepas 60 persen saham pemerintah di PT Garuda Indonesia Tbk dalam rangka restrukturisasi utang saat rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI.

Tomy Tampatty pun meminta kepada DPR RI untuk menolak usulan melepas saham pemerintah di PT Garuda Indonesia Tbk.

“Garuda Indonesia bisa jadi seperti Indosat ke dua yang lepas ke tangan asing di waktu Putri Presiden Pertama RI Soekarno, Ibu Megawati menjabat Presiden RI dan kejadian Indosat menjadi catatan terburuk rakyat Indonesia,” ungkap Tomy, Sabtu (13/11/2021).

Saat ini rencana dilusi tersebut masih bersifat opsional di Komisi VI DPR RI. Namun Tomy berharap Komisi VI dan seluruh fraksi DPR menolak opsi tersebut.

“Kami berharap Ketua DPR Ibu Puan Maharani dan seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat menolak permohonan restu tersebut karena jika DPR-RI menyetujui mayoritas saham Garuda milik pemerintah dijual kepada pihak swasta atau asing,” katanya.

Sebagai catatan, opsi pelepasan saham ini muncul jika dalam penyelesaian restrukturisasi utang Garuda Indonesia nanti perseroan masih kekurangan dana untuk pulih. Kementerian BUMN ingin ada pemegang saham baru yang menyetorkan dana ke perusahaan.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top