Sri Mulyani: Tantangan Ekonomi Tahun 2023 Semakin Berat! | Pranusa.ID

Sri Mulyani: Tantangan Ekonomi Tahun 2023 Semakin Berat!


FOTO: Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani. (Dok. Pikiran Rakyat).

PRANUSA.ID– Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melihat tantangan perekonomian makin berat ke depannya. Di mana guncangan yang muncul tidak bisa diprediksi.

“Guncangan global sangat tidak predictable,” ungkapnya dalam rapat kerja dengan Banggar DPR, Rabu (14/9/2022)

Hal ini terindikasi dari beberapa hal. Antara lain pandemi covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir, perang Rusia dan Ukraina yang belum jelas ujungnya serta perubahan kebijakan moneter oleh sederet negara maju.

Semua itu, menurut Sri Mulyani akan memberikan dampak terhadap perekonomian, dari sisi makro maupun mikro. Sehingga asumsi yang dipergunakan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2023 harus sesuai.

“Berbagai skenario inflasi global yang melonjak tinggi dan memberikan kemungkinan kinerja ekonomi negara-negara maju harus kita perhatikan sebagai dinamika yang memiliki potensi pengaruhi pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Pertumbuhan ekonomi 2023 diasumsikan 5,3%. Inflasi sebesar 3,6% dan kurs pada level Rp 14.800 per dolar Amerika Serikat (AS).

“Kesepakatan pertumbuhan ekonomi dengan catatan situasi dunia tak mengalami pemburukan, geopolitik dan dampak dari kinerja ekonomi global akibat kenaikan suku bunga yang semakin tinggi dan cukup cepat dari kenaikannya,” papar Sri Mulyani.

Laporan: Severinus THD

Editor: Jessica C. 

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top