Jepang Konfirmasi Kasus Pertama Covid-19 Varian Omicron | Pranusa.ID

Jepang Konfirmasi Kasus Pertama Covid-19 Varian Omicron


Ilustrasi: Pandemi Covid-19. (Dok. Detik.com)

PRANUSA.ID– Pemerintah Jepang mengonfirmasi kasus pertama COVID-19 varian Omicron, demikian laporan Kantor Berita Kyodo pada Selasa (30/11/2021), mengutip sumber pemerintah setempat.

Laporan tersebut didapat kurang dari sehari setelah negara itu memberlakukan pembatasan besar-besaran perjalanan dari luar negeri. Jepang menutup perbatasannya bagi warga negara asing (WNA) selama setidaknya satu bulan dan menjadi salah satu langkah paling ketat di dunia untuk menghadang masuknya varian Omicron.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Shigeyuki Goto pada Senin (29/11/2021) mengatakan bahwa seorang pelancong asal Namibia terbukti positif COVID-19 di bandara dan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan apakah infeksi tersebut disebabkan oleh varian Omicron.

“71 penumpang di pesawat yang sama dengan individu semuanya diperlakukan sebagai kemungkinan kontak,” kata Goto seperti dilansir dari Japan Times.

Goto menuturkan 71 orang tersebut akan dikarantina selama 10 hari di fasilitas yang ditunjuk pemerintah Jepang. Semua suspek, lanjutnya, bakal dilacak dari jarak jauh melalui aplikasi berkemampuan GPS yang dioperasikan oleh kementerian kesehatan.

 

Laporan: Jessica C. Ivanny

Editor: Bagas R

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top