Moeldoko: Paham Radikalisme Sudah Menyusupi Lembaga Pendidikan | Pranusa.ID

Moeldoko: Paham Radikalisme Sudah Menyusupi Lembaga Pendidikan


FOTO: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Dok. Akbar Nugroho Gumay/ANTARA).

PRANUSA.ID– Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengatakan paham radikalisme saat ini sudah menyusupi lembaga pendidikan. Oleh karena itu, ia meminta semua pihak terkait untuk waspada, terlebih gerakan radikalisme sangat tersistemastis dan terstruktur.

Hal itu ia sampaikan saat melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri Jawa Timur, Kamis (16/9/2021).

“Paham radikal sudah menyusup di tengah – tengah masyarakat dan lembaga pendidikan. Ini harus kita waspadai, karena gerakannya tersistematis dan terstruktur,” tegas Moeldoko.

Menurut Moeldoko, radikalisme dan intoleransi sudah menjadi ancaman nyata yang berpotensi merusak semangat integrasi bangsa.

Selain itu, mantan Panglima TNI juga mengingatkan, ancaman radikalisme menjadi bukti bahwa perang kebudayaan saat ini sudah terjadi. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan karakter di antaranya melalui pondok pesantren. Ia berkeyakinan, pesantren adalah salah satu pusat tempat pembangunan karakter itu dilakukan.

“Tujuannya (kelompok radikal) ingin melumpuhkan kekuatan keyakinan ideologi. Karena itu dibutuhkan pendidikan dan pembentukan karakter secara komprehensif dan kolaboratif, di antaranya melibatkan peran pondok pesantren,” jelasnya.

Di hadapan pengasuh pondok pesantren Lirboyo, Moeldoko juga kembali mengajak pesantren untuk lebih aktif dalam pengendalian COVID-19.

Dirinya menyampaikan apresiasi dari Presiden Joko Widodo karena pesantren sudah berperan aktif menekan Covid-19. Diharapkan kondisi ini tetap dijaga, jangan sampai kembali lagi di masa PPKM darurat.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top