Pengurus NU: Nama Gus Dur Tak Masuk dalam Kamus Sejarah Indonesia


Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur (IST/FAJAR.CO.ID)

PRANUSA.ID — Nama Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur hilang dari Kamus Sejarah Indonesia Jilid II. Hanya foto wajah sosok itu yang terlihat di sampul kamus tersebut.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung, Muhammad Faizin dalam artikel yang diunggah di situs NU Online, Selasa (20/4/2021).

“Sosok Presiden Indonesia keempat RI ini hanya terlihat fotonya pada sampul buku di jilid II seperti halnya KH Hasyim Asy’ari yang hanya muncul di sampul halaman jilid I. Nama Gus Dur tidak dimasukkan ke jajaran tokoh yang ada,” kata Faizin.

Lebih lanjut, Faizin justru mempertanyakan apakah nama mantan Ketua MPR Amien Rais dan mantan narapidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir memang layak masuk dalam Kamus Sejarah Indonesia.

“Namun dengan hilangnya nama dua tokoh Nahdlatul Ulama yakni KH Hasyim Asy’ari di jilid I dan KH Abdurrahman Wahid di jilid II menunjukkan buku ini tidak bisa menjadi rujukan pembelajaran di sekolah dan madrasah,” jelas dia.

Penulis: Bagas R.
Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top