Pimpin Upacara HUT RI ke-76, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Lampung


Peringati Upacara HUT ke-76 RI, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Lampung

PRANUSA.ID– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8).

Dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, terlihat, Kepala Negara tiba di Istana Merdeka didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, sudah menggunakan pakaian adat khas Lampung.

Presiden menggunakan setelan jas tertutup atau beskap dan celana panjang warna putih yang dipadukan dengan kain yang melintang di badannyq dan juga melingkar di pinggang. Sebagai pelengkap, Presiden memakai penutup kepala atau disebut Kiket Lampung bendo berwarna merah.

Sementara Ibu Negara menggunakan busana nasional dengan kain songket. Tampak ia mengenakan kebaya berwarna kuning dengan bawahan kain dengan warna yang sama. Ia juga memakai kerudung.

Presiden Jokowi memasuki lapangan upacara pada pukul 09.45 WIB. Dia dan Ibu Negara Iriana tampak menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker putih bertuliskan 76 TH Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Presiden Jokowi menggunakan pakain adat Nusantara sejak tahun 2017 atau HUT RI ke-72. Pada saat itu, menggunakan pakaian adat Kalimantan Selatan. Yaitu baju seperti jas berwarna hitam, dipadu kain songket dan penutup kepala.

Pada HUT RI ke-73 tahun 2018, Kepala Negara menggunakan pakaian adat Aceh. Kemudian setahun berikutnya, HUT RI ke-74 tahun 2019, Jokowi menggunakan pakaian adat Klungkung, Bali.

Tahun 2020 atau HUT RI ke-75, Presiden Jokowi menggunakan pakaian adat Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Karena sudah pandemi COVID-19, ditambah dengan masker dengan corak merah putih.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top