Risma Siapkan Aplikasi Khusus Penerima Bansos: Tak Ada Lagi Beli Rokok-Miras!


Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

PRANUSA.ID — Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan pemerintah telah mempersiapkan aplikasi khusus bagi penerima bantuan sosial (bansos) yang akan digunakan selama pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan tujuan pembuatan aplikasi tersebut sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar tidak ada lagi kesalahan penggunaan uang bansos Covid-19 dalam kehidupan masyarakat.

“Sesuai dengan perintah Bapak Presiden bahwa tidak ada lagi belanja untuk rokok, tidak ada belanja untuk miras. Maka dengan fitur itu, kami bisa batasi. Tidak ada lagi belanja untuk itu,” ungkap Risma dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7).

Selain itu, Risma menyebut aplikasi itu juga akan memberikan kemudahan agar bisa diakomodir di semua jenis telepon seluler.

“Bisa belanja di mana saja. Nanti kita akan sesuaikan, bagaimana mengakomodir misalnya HP-nya masih jadul, nah ini juga bisa,” kata Risma.

Risma mengaku dalam pembuatan aplikasi tersebut, ia telah bekerja sama dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, sejumlah financial technologi dan e-commerce.

Meski tidak memaparkan lebih jauh terkait pembuatan dan kegunaannya, namun Risma memastikan aplikasi itu bakal mulai digunakan pada 17 Agustus mendatang.

“Mudah-mudahan kita bisa launching, kita akan mempersiapkan software dibantu BI dan pengawasan OJK dan dibantu anak-anak muda yang bekerja di fintech untuk menggunakan aplikasi ini,” jelasnya.

 

Penulis: Jessica Cornelia Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top