Rizal Ramli: Kita Batalkan IKN Baru Pasca Jokowi Lengser | Pranusa.ID

Rizal Ramli: Kita Batalkan IKN Baru Pasca Jokowi Lengser


FOTO: Ekonom senior Indonesia, Rizal Ramli. (Dok. Fajar.co.id)

PRANUSA.ID– Ekonom senior Rizal Ramli turut memberikan ucapan selamat ulang tahun ke-495 kepada Ibu Kota DKI Jakarta. Dalam akun Twitternya, Rizal Ramli justru menyinggung rencana pemerintah yang akan memindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan.

Ucapan ulang tahun untuk Jakarta dari Riza Ramli ini diselipi dengan pesan menolak Ibukota Negara alias IKN yang ada di Kalimantan Timur.

“Selamat Ulang Jakarta. Kita akan pertahankan Jakarta sebagai Ibu Kota Negara karena alasan historis dan perjuangan. Paska Jokowi, kita akan batalkan rencana pindah ibu kota!” cuitnya.

Menurut dia, ketimbang bangun IKN lebih baik menggunakan cara lain untuk memeratakan pembangungan di daerah.

“Kalau tujuan ingin buat daerah lebih maju, bukan caranya dengan bikin Istana,” cuitnya. Lebih lanjut, ia pun mengatakan dirinya mempunyai konsep untuk memajukan daerah tanpa bangun IKN.

“Jadi sederhananya, (sekarang) kita ubah UU alokasi Khusus, misalnya daerah penghasil ikan dapat sebagian persentase dari ekspor ikan, maka daerah NTT Maluku Kepulauan Riau jadi maju. Daerah penghasil mineral apakah itu nikel emas bijih besi dapat prosentase ekspor jadi maju,” katanya seperti dikutip Populis 23 Juni 2022.

Menurut dia, konsep bagi hasil alokasi khusus dan alokasi umum lebih berfaedah dibanding membangun IKN.

“Dampaknya ratusan kali dari Istana yang cuma bagus untuk selfie,” katanya.

Karena itu, pihaknya siap membatalkan IKN setelah rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir.

“Mohon maaf, setelah pak Jokowi nggak presiden, kita batalin lah itu IKN. Bisalah kita batalin dari dalam atau dari luar,” cetusnya.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top