Rizieq Bentak Jaksa yang Potong Pertanyaannya: Ini soal Nasib Saya!


Rizieq Shihab meradang hingga tunjuk-tunjuk jaksa penuntut umum di PN Jakarta Timur. (Foto: Istimewa)

PRANUSA.ID — Mantan Pimpinan Umum Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab membentak Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang memotong pertanyaannya kepada Mantan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Senin (11/4/2021).

“Saya sedang menjelaskan, tolong jangan dipotong. Kenapa? Anda tersinggung karena membahas masalah prokes ke pidana? Ini soal nasib saya, saya yang dipenjara, bukan Anda!” teriak Rizieq ke JPU.

Saat itu, Rizieq dan Bayu memang tengah melangsungkan sesi tanya jawab soal ada atau tidak adanya kasus pelanggaran protokol kesehatan (prokes) COVID-19 yang dibawa ke ranah pidana.

Ketua Majelis Hakim Suparman Nyompa kemudian meminta JPU untuk tidak memotong pembicaraan terlebih dahulu. Ia lantas mempersilakan Rizieq untuk meneruskan sesi tanya jawab tersebut.

Pertanyaan Rizieq lalu coba dijawab Bayu. Bayu menjelaskan, pelanggar prokes selama ini hanya diberikan sanksi sosial atau denda.

Namun, itu disesuaikan lagi dengan tingkat keparahan pelanggarannya. Bayu mengaku memang baru kasus pelanggaran prokes Rizieq Shihab yang dibawa ke ranah pidana.

“Jadi selama ini ada pelanggaran prokes lain, mereka dikasih denda sesuai Pergub (Peraturan Gubernur),” tutur Rizieq.

Laporan: Bagas R.
Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top