Rocky Gerung: Pemerintah Arab Mau Rizieq Jadi Warga RI Lagi, Bukan Kriminal!


Rocky Gerung. (Dok. Kompasiana)

PRANUSA.ID — Pengamat politik yang juga merupakan seorang filsuf Rocky Gerung menilai tak ada kejelasan dalam pengelolaan dana keberangkatan haji warga Indonesia.

Pernyataan itu disampaikannya menanggapi keputusan pemerintah RI yang membatalkan penyelenggaraan ibadah haji 2021.

“Terlihat tidak ada kejelasan di dalam manajemen dana haji. Itu jadi sorotan rakyat. Rakyat bahkan anggap ‘dana gue sudah dipakai bikin jalan tol dan sekarang tol bangkrut’,” kata Rocky dalam sebuah video yang tayang di kanal YouTube miliknya.

Rocky mengaku ingin tahu ke mana dana haji tersebut dialihkan sampai-sampai rakyat justru menaruh curiga terhadap manajemen dana pemberangkatan jemaah haji itu.

“Kita mau tahu mengapa rakyat justru curiga. Ini bukan soal kuota, tapi soal duit yang nggak ada untuk memberangkatkan jemaah,” ujar dia.

“Soal Garuda yang mungkin menghitung bahwa ‘ya nggak bisa lagi kita bawa jemaah dengan konsekuensi perusahaan lagi bangkrut’,” lanjut Rocky.

Lebih lanjut, Rocky lantas menyoroti kabar Pemerintah Arab Saudi yang disebut-sebut mengirimkan pesan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani terkait ibadah haji.

Menurutnya, pesan tersebut mencerminkan Arab Saudi yang sudah jengah dengan Indonesia yang kerap menagih kuota haji.

Dia lantas menduga Arab Saudi tengah melakukan evaluasi terhadap relasi politiknya dengan Indonesia.

Rocky kemudian membawa nama sosok mantan pemimpin tinggi Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang sebelumnya lama menetap di Arab Saudi.

Ia menilai Pemerintah Arab Saudi memiliki perasaan bersalah dan tidak nyaman saat sudah mengizinkan Rizieq pulang ke Indonesia, namun malah dihukum penjara.

“Pemerintah Arab menganggap ‘lah kita justru di sini ingin Habib Rizieq supaya jadi warga negara lagi di situ [Indonesia]. Bukan malah dinyatakan kriminal’,” tandas dia.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top