Angka Covid-19 Naik, Midji Utus Kadinkes Kalbar Terjun Langsung ke Sintang


Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.

PRANUSA.ID– Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji mengutus Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Harison yang untuk terjun langsung ke Sintang. 

Penugasan itu sendiri merupakan tindak lanjut atas laporan meningkatnya kasus Covid-19 yang cukup signifikan di kabupaten yang dipimpin oleh Jarot Winarno tersebut. 

“Saya diutus Gubernur, selaku Ketua Satgas COVID-19, untuk melihat bagaimana penanganan corona di Kabupaten Sintang. Karena dalam beberapa waktu terakhir kasus COVID-19 meningkat,” kata Harisson saat di sela razia penegakan protokol kesehatan (Prokes) yang digelar Satgas COVID-19 Sintang, Kamis malam, 15 April 2021.

Dalam razia penegakan Prokes tersebut, Satgas COVID-19 melakukan rapid antigen pada pengunjung warung kopi di Jalan Lintas Melawi Kecamatan Sintang. Hasilnya 1 pengunjung dinyatakan positif. Satu orang tersebut langsung dibawa untuk menjalani isolasi, dan akan dilanjutkan dengan tes PCR.

“Satu orang positif berdasarkan rapid tes antigen merupakan warga Jalan Kelam, Kecamatan Sintang,” ungkap dr. Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang.

Di kesempatan tersebut, total ada 76 orang yang dirapid antigen, termasuk penjaga warung kopi. 72 orang asal Kabupaten Sintang dan 4 dari Kabupaten Kapuas Hulu.

Ikut serta dalam razia prokes Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Harison, Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, Waka Polres Sintang, Kompol Alber Manurung dan jajaran Satgas COVID-19 Kabupaten Sintang.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto, mengatakan akan berkoordinasi dengan jajarannya terkait kemungkinan menerapkan pembatasan aktivitas di malam hari untuk menekan angka penyebaran COVID-19. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh, menyatakan, peningkatan kasus dikarenakan masyarakat abai terhadap protokol kesehatan.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top