Banjir Rendam 104 Desa di 10 Kecamatan di Sintang Kalbar | Pranusa.ID

Banjir Rendam 104 Desa di 10 Kecamatan di Sintang Kalbar


ILUSTRASI: Banjir.

PRANUSA.ID– Sejumlah daerah di wilayah Kabupaten Sintang, Kalbar, terdampak banjir. Akibatnya pemkab setempat meliburkan aktivitas pembelajaran di sekolah demi menjaga keselamatan peserta didik.

“Sejak Selasa (11/10/2022), kami mengeluarkan surat edaran agar sekolah terdampak banjir libur untuk sementara waktu,” kata wakil Bupati Sintang Melkianus, di Sintang, Rabu (12/10/2022).

Melkianus menjelaskan, selain meliburkan aktivitas pembelajaran di sekolah terdampak banjir, Pemkab Sintang juga telah melakukan rapat antisipasi dan penanganan banjir.

Menurutnya, dengan kondisi intensitas curah hujan yang tinggi, seluruh jajaran Pemkab Sintang perlu mempersiapkan berbagai langkah, termasuk untuk ketersediaan sembako dan peralatan yang diperlukan dalam penanggulangan bencana, termasuk juga titik-titik pengungsian.

Berdasarkan data sementara, Selasa (11/10/2022), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sintang mencatat hingga saat ini banjir merendam 104 desa di 10 kecamatan dengan ketinggian banjir bervariasi dari 1,5 hingga 1,8 meter, yang mengakibatkan 43.682 jiwa terdampak banjir dan 9.351 pemukiman penduduk teredam banjir, bahkan, sejumlah akses jalan juga terputus.

Ada pun 10 kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Sintang, Dedai, Sepauk, Tempunak, Serawai, Binjai Hulu, Kayan Hilir, Kelam Permai, Ketungah Tengah dan Kecamatan Ketungau Hilir.

“Kita harus mempersiapkan diri dan meningkatkan kesiapsiagaan apabila luapan sungai Kapuas semakin besar,” kata Melkianus.

Laporan: Bagas R.
Editor: Jessica C.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top