Curah Hujan Tinggi, Beberapa Desa di Kabupaten Sintang Tergenang Banjir


Ilustrasi: Curah hujan yang tinggi sebabkan sungai meluap hingga terjadi banjir.

PRANUSA.ID– Beberapa desa di Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, dilaporkan tergenang banjir. Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir tersebut terjadi dikarenakan curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir sehingga menyebabkan air di Sungai Melawi meluap.

Ini merupakan kali kedua di bulan September, banjir melanda desa di kecamatan tersebut. Seorang warga Desa Tebing Raya, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Damsi mengatakan, pada edisi kali ini belasan rumah terendam banjir dengan ketinggian air sekitar setengah meter.

Akibatnya, para petani karet salama tiga hari terakhir tidak dapat menyadap karet.

“Ada belasan rumah yang terendam banjir, untuk yang kerja menyadap karet dalam tiga hari ini tidak bisa bekerja,” terang Damsi, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, banjir juga membuat beberapa titik ruas jalan di Kecamatan Sintang menuju Kecamatan Dedai terendam banjir.

Salah seorang warga Kecamatan Dedai, Utin Famila menyebut, untuk saat ini aktivitas masyarakat masih normal. Warga masih menggunakan jalur alternative sehingga tidak melalui jalan yang terendam banjir, aktivitas peserta didik juga masih normal.

“Iya, jadi udah banjir lagi, udah sampai jembatan, kalau jalan menuju Sintang itu di Daerah Kederas Dedai Kanan, jembatan sudah terendam ni, aktivitas kami Alhamdulilah masih normal,” ungkap Utin.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top