Daerah Perbatasan Dibangun, Sutarmidji Optimis Perekonomian Kalbar Membaik


Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.

PRANUSA.ID– Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan, adanya program pembangunan terpadu di wilayah perbatasan RI, diyakini dapat mendorong percepatan pembangunan di daerah perbatasan. 

Ia pun mengaku pihaknya akan memaksimalkan wilayah perbatasan tersebut sebagai pintu gerbang keluar masuk orang dan barang serta pusat pertumbuhan ekonomi baru. Oleh karena itu, Sutarmidji berharap kondisi infrastrukturnya dapat terus membaik. 

Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri kegiatan peluncuran Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2021 di PLBN Aruk pada hari Jumat (09/04/2021) oleh Menkopulhukam, Mahfud MD, yang juga merupakan Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan. 

“Wilayah administrasi daerah kita memiliki lima pintu perbatasan yang belum dimaksimalkan betul potensinya. Dengan adanya program pembangunan terpadu di wilayah perbatasan negara kita oleh pemerintah pusat, diharapkan ini mendorong percepatan pembangunan di daerah perbatasan,” kata Sutarmidji dilansir dari Antara News.

Terkait hal tersebut, ia merasa optimis pertumbuhan ekonomi Kalbar akan semakin baik, terutama pada tahun 2021. Pihaknya menagertkan pertumbuhan ekonomi Kalbar bisa mencapai 5 persen. 

“Saya sangat optimis, Kalbar akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dengan didasarkan data yang dihimpun oleh Bank Indonesia pada kuartal IV/2020 kemarin,” tuturnya.

Ia pun mengatakan bahwa dalam rangka menggerakkan perekonomian di wilayah perbatasan, semua program pembenahan infrastruktur dan ekonomi lainnya di wilayah tersebut harus terus ditindaklanjuti. 

“Karena, kita tidak bisa hanya mengandalkan apa yang ada sekarang, tetapi harus terus dikejar berbagai ketertinggalan yang ada agar masyarakat kita di perbatasan bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik,” pungkasnya. 

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top