Dari 2,7 Juta Pengendara di Kalbar, Hanya 800 Ribu yang Aktif Bayar Pajak | Pranusa.ID

Dari 2,7 Juta Pengendara di Kalbar, Hanya 800 Ribu yang Aktif Bayar Pajak


FOTO: Lalu Lintas di Jalan Ahmad Yani, Pontianak.

PRANUSA.ID– Pajak kendaraan bermotor menjadi salah satu potensi yang dapat digali oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Namun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalbar, menilai penerimaan PAD tersebut belum maksimal. Juru Bicara (Jubir) Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Fatahillah, mengatakan, dari 2,7 juta kendaraan bermotor, yang aktif membayar pajak kendaraan bermotor hanya 800 ribu orang saja.

“Potensi pendapatan daerah ada dua yang dapat ditingkatkan, seperti potensi besar dari pajak kendaraan bermotor itu dapat dioptimalkan. Dari 2,7 juta kendaraan bermotor, ternyata yang aktif bayar pajak hanya 800 ribu kendaraan bermotor, atau sekitar 29 persen,” paparnya, Jumat, 30 September 2022.

Fatahillah mengatakan, masih ada peluang yang cukup luas untuk meningkatkan pendapatan daerah murni tersebut. Ia juga meminta kepada Pemprov Kalbar untuk dapat berinovasi, agar memudahkan warga di pedalaman Kalbar untuk membayar pajak kendaraan dengan cepat.

“Artinya masih ada peluang yang terbuka, cukup luas, untuk meningkatkan pendapatan ini. Misalnya membuat aplikasi Pajak Online, memudahkan membayar pajak sampai ke kantor desa, dan sebagainya,” tukasnya.

Laporan: Severinus THD

Editor: Jessica C.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top