Gubernur Sutarmidji akan Berkantor Sementara di Wilayah Banjir | Pranusa.ID

Gubernur Sutarmidji akan Berkantor Sementara di Wilayah Banjir


FOTO: Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. (SUARA)

PRANUSA.ID– Hingga saat ini, Kabupaten Sintang dan sekitarnya masih dilanda banjir. Untuk itu, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji, berencana untuk berkantor di daerah terdampak banjir.

“Tanggal 21 Insya Allah saya akan ke sana. Insya Allah saya akan berkantor di sana,” katanya di Pontianak, Selasa, (16/11/2021).

Sambil berkantor sementara di wilayah banjir, Sutarmidji juga akan sekalian membawa bantuan untuk daerah hulu Kalbar yang terdampak banjir.

“Saya juga akan sekaligus membawa bantuan untuk Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang, dan Kapuas Hulu yang masih terdampak banjir,” ungkapnya.

Mantan Wali Kota Pontianak ini juga menerangkan, bahwa saat ini bantuan dari berbagai pihak untuk korban banjir terus berdatangan. Ia pun lantas memuji semangat solidaritas masyarakat Kalbar yang menurutnya sangat luar biasa. Ia menambahkan, stok bantuan yang ada masih dapat bertahan sampai dua pekan.

“Insya Allah masih mampu bertahan kita. Inilah bentuk solidaritas masyarakat Kalbar, tanpa diminta. Insya Allah semuanya akan kita salurkan secepatnya kepada yang membutuhkan,” katanya.

Sutarmidji pun menceritakan bahwa saat ini, rumah dinas ‘Pendopo’ Gubernur Kalbar telah difungsikan sebagai posko bantuan banjir. Ramai masyarakat yang mengantarkan sumbangan ke posko tersebut, yang kemudian diantar ke wilayah yang terdampak banjir.

“Kita punya stok mie instan sekitar 5.000 dus. Beras masih ada sekitar 40 hingga 50 ton. Kemarin kita kirim empat truk. Relawan dari Rumah Zakat juga saya minta bantu salurkan. Karena mereka lebih pengalaman,” jelasnya.

Selain itu, sambung Sutarmidji, solidaritas organisasi pemuda di daerah terdampak banjir juga sangat luar biasa. Maka, Sutarmidji pun memutuskan melibatkan secara langsung organisasi pemuda untuk penyaluran bantuan.

“TNI-Polri dan Pemda kita, ikut salurkan juga. Hari ini Sepauk, karena di sana dampaknya cukup besar. Saya kirim khusus Sepauk satu truk, untuk keperluan dapur umum dua truk, satu truk lagi untuk mereka yang mengungsi di tempat keluarganya. Setiap hari kita akan kirim bantuan ke wilayah terdampak banjir,” pungkasnya.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top