Kalbar Gencar Siapkan SDM Mumpuni, Midji: Untuk Jawab Kebutuhan IKN | Pranusa.ID

Kalbar Gencar Siapkan SDM Mumpuni, Midji: Untuk Jawab Kebutuhan IKN


Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. (TRIBUN)

PRANUSA.ID — Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji atau akrab disapa Midji mengatakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) harus terus ditingkatkan untuk menjawab kebutuhan ibu kota negara (IKN) baru di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kalbar itu harus mempersiapkan diri untuk menjawab kebutuhan di Kalbar sendiri dan ibu kota negara nantinya. Karena bagaimanapun kita (Kalbar) itu satu kawasan,” kata Midji usai meresmikan gedung baru Universitas Widya Dharma bersama Uskup Agung Pontianak, Sabtu (26/2/2022).

Menurutnya, pembangunan SDM itu bisa dilakukan dengan memperbanyak sarana dan prasarana pendidikan di berbagai tingkatan mulai dari sekolah dasar (SD), SMP, SMA, hingga Universitas.

“SMA/SMK saya sudah bilang Pak Bupati dan Wali Kota se-Kalbar, kalau daerah siapkan lahan, provinsi (akan) bangun. Sekarang sudah ada lima kabupaten yang dibangun, tahun ini ada juga dibangun,” ujarnya.

Dengan begitu, Midji meyakini seluruh kabupaten/kota di Kalbar akan mendapatkan pembangunan sekolah baru di tahun terakhir pemerintahannya sebagai Gubernur Kalimantan Barat.

“Terserah daerah mau dibangun sekolah baru atau sekolah yang sudah ada itu diperluas,” ungkapnya.

Midji mengakui salah satu kelemahan Kalbar saat ini adalah rendahnya IPM. Padahal, menurutnya, indikator IPM sendiri juga ditunjang dari bidang pendidikan.

Maka dari itu, Midji mengatakan pembangunan di bidang pendidikan harus terus digencarkan.

“Universitas perlu hadir banyak di Kalbar untuk percepatan peningkatan IPM dan lama harapan belajar anak-anak kita tamatan SMA. Sekarang ini lama harapan belajar baru 12,65 tahun. Sedangkan rata-rata lamanya sekolah baru 7,45 tahun. Masih jauh. Untuk itu kita harus tetap berpacu,” tuturnya.

 

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top