Kunjungi Korban Banjir di Sintang, Mensos Risma Bagikan Bantuan | Pranusa.ID

Kunjungi Korban Banjir di Sintang, Mensos Risma Bagikan Bantuan


FOTO: Mensos Risma saat memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Kabupaten Sintang, Rabu (3/11/2021). [Dok.Suarakalbar.co.id]
PRANUSA.ID– Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meyambangi korban terdampak banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (3/11/2021). Dia langsung mengunjungi para korban dengan naik perahu karet.

Tak hanya itu, Risma bahkan rela turun dari perahu karet dan basah-basahan di lokasi banjir setinggi pinggang untuk membagikan bantuan secara langsung kepada korban yang terdampak banjir.

Berdasarkan rilis Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI, dalam kunjungan ke Sintang Risma memberikan bantuan bencana berupa: 6 unit tenda regu; 10 tenda pleton; 14 tenda keluarga; 3 tenda pengungsi; 1 tenda dapur umum; 90 velved; 24 rompi pelampung; 80 matras; 45 family kit; 76 kids ware.

67 food ware; 780 biscuit/makanan siap saji; 2 tenda keluarga payung; 45 kasur; 1 tenda serbaguna keluarga; 462 paket makanan anak-anak; 61 paket peralatan dapur keluarga; 40 tenda gulung merah; 1 unit tenda serbaguna keluarga merah; 76 lembar selimut merah; dan 90 lembar kasur merah, senilai total Rp 653.783.626.

Pada kesempatan itu, Mensos Tri Rismaharini juga mengatakan perlu ada langkah pencegahan atau mitigasi untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di sejumlah daerah di wilayah Kalimantan Barat.

“Katanya banjir ini yang paling parah, makanya perlu ada upaya mitigasi atau pencegahan agar banjir tidak terjadi seperti ini, minimal berkurang lah,” terangnya.

Risma menjelaskan yang perlu dilakukan bukan hanya pencegahan, tetapi juga antisipasi sekian ratus tahun yang akan datang.

“Jika tidak diantisipasi, kondisinya akan semakin berat,” kata Risma yang saat itu didampingi oleh Ketua Komisi V DPR Lasarus.

Banjir yang merendam Sintang dan sekitarnya terjadi sejak sepekan lalu, akibatnya aktivitas masyarakat lumpuh, bahkan akses jalan Kabupaten Sintang-Melawi sempat terputus akibat banjir.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top