Pemkab Sintang Beri Bantuan Beras dan Tempat Mengungsi untuk Korban Banjir | Pranusa.ID

Pemkab Sintang Beri Bantuan Beras dan Tempat Mengungsi untuk Korban Banjir


FOTO: Pelaksana harian Bupati Sintang Yosepha Hasnah meninjau dapur umum dan tempat pengungsian korban banjir di Sintang. (Dok. Humas Pemkab Sintang).

PRANUSA.ID– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang Kalimantan Barat sedang dalam upaya untuk menyalurkan bantuan beras cadangan kepada korban banjir yang melanda 14 kecamatan di wilayah tersebut.

“Stok beras sudah siap di Gudang Bulog Sintang sebanyak 70 ton, siap dikeluarkan dan disalurkan,” ungkap Pelaksana harian Bupati Sintang Yosepha Hasnah, saat meninjau lokasi pengungsian, di Sintang, Selasa (26/10/2021).

Disampaikan Yosepha, sebelumnya Pemkab Sintang sudah menyalurkan beras cadangan untuk korban banjir di lima kecamatan, namun karena kembali terjadi banjir besar, maka Pemkab Sintang menyimpan kembali beras cadangan tersebut.

Menurut dia, Pemkab Sintang mengalami kendala saat penyaluran bantuan terhadap korban banjir, karena kondisi banjir sehingga membuat tim menjadi sulit untuk mencapai rumah warga.

“Kami akan menggunakan speed boat untuk mengantarkan beras bantuan,” ucap Yosepha.

Selain itu, Pemkab Sintang juga telah menyiapkan tempat pengungsian untuk korban banjir yang pada edisi kali ini merendam 14 kecamatan dengan warga terdampak banjir mencapai 20.874 kepala keluarga.

Disampaikan Yosepha, Pemkab Sintang telah membuka empat titik tempat pengungsian yaitu di Masjid Abu Bakar, Gedung SDN 07, SMPN 02 dan di Gedung SMAN 02. Selain itu, disediakan juga dapur umum di sekitar lokasi pengungsian.

Ia mengimbau kepada masyarakat korban banjir yang ingin mengungsi untuk mendaftarkan diri kepada Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sintang atau bisa melalui pemerintah kecamatan. Hal tersebut bertujuan agar pengungsi dapat terakomodir dengan baik.

“Kami sudah rapat dan mengambil kebijakan untuk membantu warga, pelayanan kesehatan dibuka di semua Puskesmas, jika ada permintaan ke rumah tentu karena kejadian khusus, petugas akan selalu siap,” terang Yosepha.

Yosepha mengakui, Pemkab Sintang memiliki keterbatasan, namun Pemkab Sintang telah berupaya memberikan bantuan untuk korban banjir, sehingga ada beberapa kecamatan yang sudah diberikan bantuan dan saat in pihaknya juga sedang menyalurkan bantuan.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top