Singkawang Banjir, Midji Minta Pemkot Tak Mudah Beri Izin Tambang | Pranusa.ID

Singkawang Banjir, Midji Minta Pemkot Tak Mudah Beri Izin Tambang


Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. (TRIBUN)

PRANUSA.ID– Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji meminta Pemerintah Kota Singkawang tak mudah mengeluarkan izin tambang bauksit. Banjir yang meluas di Singkawang diduga karena semakin banyaknya tambang bauksit.

“Banjir di Singkawang itu disebabkan beberapa faktor. Pertama, tata ruang yang perlu pembenahan, dan kemudian jangan sembarangan mengeluarkan izin tambang bauksit kepada investor,” ujar Sutarmidji di Pontianak, Rabu (9/11/2022).

Sutarmidji mengingatkan, topografi Kota Singkawang yang rendah. Jika izin tambang bauksit terus diberikan, Kota Singkawang akan semakin rendah.

“Bauksit di Singkawang ini memang banyak. Namun kalau terus digali untuk diambil bauksitnya maka kawasan itu akan semakin rendah,” tutur mantan Wali Kota Pontianak ini.

Sutarmidji juga menyarankan Pemkot Singkawang memperbanyak kawasan konservasi, dan menjaga yang sudah ada. 

Kota Singkawang dalam beberapa tahun terakhir menjadi langganan banjir jika terjadi hujan lebat. Beberapa hari sebelumnya, banjir yang melanda Kota Singkawang menyebabkan banyak rumah warga terendam hingga ribuan orang terdampak. 

Ratusan orang mengungsi dan RSUD Abdul Aziz Singkawang pun ikut terendam banjir. Sekda Singkawang, Sumastro mengatakan, pemerintah bersama Kodim dan Polres Singkawang telah melakukan tindakan cepat penanganan banjir. 

“Beberapa masyarakat yang mengungsi saat banjir sudah kembali ke rumahnya masing-masing,” katanya.

Laporan: Jessica C.

Editor: Bagas R.

 

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top