Sutarmidji akan Keluarkan Anggaran Besar untuk Infrastruktur Tahun 2022 | Pranusa.ID

Sutarmidji akan Keluarkan Anggaran Besar untuk Infrastruktur Tahun 2022


Gubernur Kalbar, Sutarmidji

PRANUSA.ID — Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji atau akrab disapa Midji menargetkan indeks infrastruktur di tahun 2022 mampu mencapai angka 68.

Untuk itu, Midji mengatakan tahun 2022 merupakan anggaran terbesar untuk infrastruktur.

“Saya harapkan indeks infrastruktur tahun ini harus di atas 70 dan sudah mencapai 76-77 di akhir RPJMD tahun 2023. Data harus valid,” kata Midji saat menghadiri konsultasi publik Bappeda Kalbar di Hotel Kapuas Dharma Pontianak, Kamis (10/2).

Midji mengatakan jumlah desa mandiri di Kalbar saat ini sudah mencapai 385. Ia menargetkan angka tersebut naik menjadi 419 desa mandiri di sepanjang tahun 2022.

“Saat ini jumlah desa mandiri di Kalbar sudah mencapai 385, dimana sebelumnya hanya ada 1 desa mandiri saja. Kami menargetkan jumlah desa mandiri di tahun 2022 menjadi 419 desa,” tutur Midji.

Menurut Midji, untuk mencapai angka tersebut, maka dibutuhkan sinergitas dari Pemerintah Provinsi Kalbar dan TNI/Polri.

“Hal ini tidak lepas dari kerjasama dan sinergitas Pemprov Kalbar bersama TNI-Polri, sehingga 54 indikator desa mandiri bisa kita penuhi,” ungkapnya.

“Untuk aspek ekspor impor, Kalbar saat ini dalam posisi aman. Mudah-mudahan capaian kinerja pendapatan dan realisasi semakin baik di tahun 2022,” lanjut dia.

Lebih lanjut, Midji kembali menekankan pentingnya penggunaan data yang valid guna mengefektifkan pembangunan.

“Perencanaan akan baik apabila datanya valid, demikian juga dengan anggaran. Jika menyusun program dengan data yang tidak benar, maka tidak akan tepat sasaran. Indikator suatu program sangat penting karena kita bekerja harus berdasarkan indikator,” papar Midji.

“Oleh karena itu, kita harus memvalidasi data serta menyamakan persepsi bersama seluruh Bappeda Kabupaten/Kota di Kalbar dan instansi terkait lainnya,” harapnya.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top