Sutarmidji: Banjir Makin Luas dan Tinggi, Segera Siapkan Tempat Pengungsian! | Pranusa.ID

Sutarmidji: Banjir Makin Luas dan Tinggi, Segera Siapkan Tempat Pengungsian!


FOTO: Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.

PRANUSA.ID — Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji atau Midji mendesak pemerintah daerah (Pemda) untuk mempersiapkan tempat pengungsian agar bisa segera ditempati oleh masyarakat terdampak di daerah-daerah Kalbar yang diterjang banjir.

Pasalnya, hingga hari ini, Midji merasa kondisi banjir yang ada di daerah-daerah seperti Sintang, Melawi, Sekadau, Kapuas Hulu dan Sanggau malah semakin meluas.

“Seperti misalnya di Sintang. Untuk Sintang, semakin luas dan semakin tinggi. Saya berharap Pemda setempat segera mempersiapkan tempat pengungsian,” kata Midji dalam keterangannya, Minggu (7/11).

“Kalau dapat masyarakat yang terdampak (banjir) itu mengungsi, walaupun tempat mengungsi tidak seperti rumah sendiri, tapi setidaknya makan minum dan kesehatan bisa kita pantau dengan baik,” lanjutnya.

Selain itu, Midji juga meminta agar Pemda terus berkoordinasi dengan Pemprov Kalbar dan TNI-Polri terkait apa saja kebutuhan masyarakat yang harus segera terpenuhi.

Salah satu koordinasi tersebut adalah soal bagaimana bantuan 100 ton beras cadangan pangan di Bulog harus segera dicairkan untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir yang ada.

“Koordinasi terus dalam satu satgas untuk melihat apa yang dibutuhkan masyarakat yang terdampak banjir,” ungkapnya.

Midji bahkan sudah memerintahkan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar untuk berkantor sementara di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi untuk memastikan ketersediaan stok makanan di dapur umum.

“Tidak hanya untuk yang mengungsi, mereka yang tidak bisa masak di rumahnya tapi mengungsi di tempat keluarganya juga harus disuplai,” tegas Midji.

Penulis: Jessica C. Ivanny
Editor: Bagas R.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top