Pelaku Usaha Kuliner Optimis Lewati Ancaman Krisis Pangan | Pranusa.ID

Pelaku Usaha Kuliner Optimis Lewati Ancaman Krisis Pangan


Ilustrasi: Kuliner.

PRANUSA.ID– Musyawarah Nasional Perkumpulan Pengusaha Kuliner Indonesia (Munas Apkulindo), telah mengukuhkan Masbukhin Pradhana sebagai Ketua Umum periode 2022-2025 menggantikan Bedi Zubaedi.

Munas Apkulindo diikuti oleh tujuh perwakilan Pengurus Wilayah yang sudah terbentuk, DKI Jakarta, Jabar, Banten, Kalimantan Timur, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno mengatakan pengusaha kuliner diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia. “Munas Apkulindo juga memberikan tugas kepada kepengurusan baru untuk melanjutkan pembentukan pengurus wilayah di seluruh provinsi di Indonesia serta memperkuat daya saing para pelaku usaha kuliner agar siap menghadapi dampak krisis global melalui pelatihan-pelatihan,” ujarnya, Selasa (1/11/2022).

Apkulindo juga mendukung upaya pemerintah untuk menekan laju inflasi, terutama menjaga harga bahan-bahan pangan yang terkait dengan pasokan bahan bisnis kuliner. Apkulindo meyakini dampak resesi global bisnis kuliner tidak separah masa-masa PSBB atau PPKM.

Masbukhin yang juga pemilik rumah makan Bakso Sapi’i, mengatakan, pihaknya telah melewati dua tahun pandemi yang sangat parah dampaknya bagi restoran, cafe dan rumah makan sampai  yang terparah tidak boleh buka. “Kalau ada kenaikan harga atau daya beli menurun, semoga masih bisa kita atasi,” ucapnya.

Optimisme para pelaku usaha kuliner ini tersirat dalam banyaknya peserta Apkulindo Academy II yang diselenggarakan selama tiga hari setelah Munas berlangsung. Ketua Panitia, Redia Frisna, menambahkan Apkulindo Academy kedua dalam kondisi habis Pandemi dan berita akan ada resesi global yang bertubi-tubi namun ternyata yang ikut banyak, berjumlah 53 orang berasal dari tujuh wilayah Apkulindo ditambah dari Nusa Tenggara Barat dan Bengkulu.

Laporan: Severinus THD.

Editor: Jessica C.

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top