Sri Mulyani: Perekonomian Dunia Sedang Tidak Baik | Pranusa.ID

Sri Mulyani: Perekonomian Dunia Sedang Tidak Baik


FOTO: Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani. (Dok. Pikiran Rakyat).

PRANUSA.ID– Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kondisi perekonomian dunia tidak baik-baik saja. Dia menyoroti inflasi berbagai negara yang melonjak sangat tinggi.

“Anda bertanya apa hubungannya inflasi di Amerika Eropa Inggris dengan Indonesia? Banyak hubungan. Dengan inflasi itu maka otoritas moneter di berbagai negara melakukan respons kebijakan mengetatkan likuiditas dan meningkatkan suku bunga, ini menyebabkan arus modal keluar,” kata Sri Mulyani dalam Dies Natalis ke-7 PKN STAN pada Jumat, 29 Juli 2022.

Jika kenaikan suku bunga dan likuiditas cukup kencang, kata dia, perlemahan ekonomi global pasti terjadi. Seperti pagi ini, dia menuturkan, pertumbuhan ekonomi Amerika negatif pada kuartal II. Secara teknikal, kata dia, Amerika masuk resesi.

Seminggu yang lalu, Cina merilis pertumbuhan ekonomi yang nyaris nol. “Apa hubungannya dengan kita lagi bu? Amerika RRT Eropa adalah negara-negara tujuan ekspor Indonesia jadi kalau mereka melemah permintaan terhadap ekspor turun, harga komoditas juga turun,” kata dia.

Dalam situasi seperti itu, kata dia, terjadi pecah perang Ukraina dengan Rusia yang berdampak ke seluruh dunia. Krisis pangan krisis energi terjadi karena Rusia adalah produsen energi terbesar di dunia.

“Ukraina dan Rusia adalah produsen pangan yang besar di dunia juga, termasuk pupuk,” ujarnya.

Karena itu, kata dia, sangat penting sebagai bendahara negara untuk menjaga keuangan negara yang baik dan kuat untuk semua jenis kemungkinan dan tantangan.

Laporan: Bagas R.

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top