Rapat Besar Partai Komunis Cina: Xi Jinping Jadi Presiden Seumur Hidup? | Pranusa.ID

Rapat Besar Partai Komunis Cina: Xi Jinping Jadi Presiden Seumur Hidup?


FOTO: Presiden China Xi Jinping (Dok. Alamy/Xinhua/Lan Hongguang)

PRANUSA.ID– Pada pekan depan, Partai Komunis Cina akan melaksanakan agenda rapat besar atau pleno. Rapat yang akan dipimpin langsung oleh Presiden China Xi Jinping itu akan membahas banyak hal penting dan strategis, salah satunya adalah upaya mempertahankan pemerintahan Xi Jinping dalam jangka panjang.

Mengutip France24, sekitar 400 anggota Komite Sentral Partai Komunis akan berkumpul di Beijing secara tertutup. Dikabarkan mereka akan mendorong Xi agar mendapat masa jabatan ketiga dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin paling lama di China sejak Mao Zedong.

“Dalam pada pleno minggu depan, tokoh-tokoh top akan membahas resolusi kunci sekaligus merayakan pencapaian utama partai dalam 100 tahun keberadaannya,” tulis laporan berita lokal Xinhua.

Sementara itu, sarjana politik China Wu Qiang meyakini rapat pleno itu akan memperkuat jalan China kembali ke ekonomi yang lebih terkontrol dan terencana. Sama seperti upaya berkelanjutan Xi untuk mengatur perusahaan besar di berbagai sektor mulai dari teknologi hingga real estate.

Pengangkatan Xi Jinping sebagai presiden untuk ketiga kalinya atau bahkan seumur hidup bukanlah hal yang mustahil. Karena parlemen China secara resmi telah menghapus batas masa jabatan untuk presiden sejak 2018. Sehingga tidak menutup kemungkinan XI Jinping akan menjabat lebih lama.

Sebelumnya, presiden China hanya boleh menjabat selama 10 tahun. Aturan tersebut berlaku sejak masa kepemimpinan Deng Xiaoping pada 1982. Kala itu, Deng sendiri yang membuat aturan presiden ‘Negeri Tirai Bambu’ hanya bisa menjabat selama 10 tahun.

 

Laporan: Bagas R

Editor: Jessica C. Ivanny

Berita Terkait

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Top