Pemuda Dayak Dukung Mendag Zulhas Percepat Penyaluran Beras SPHP ke Pasar | Pranusa.ID

Pemuda Dayak Dukung Mendag Zulhas Percepat Penyaluran Beras SPHP ke Pasar


FOTO: Ketua Bidang Kaderisasi Pemuda Dayak Kalimantan Barat, Srilinus Lino.

Laporan: Severinus THD | Editor: Jessica C. Ivanny

PRANUSA.ID — Ketua Bidang Kaderisasi Pemuda Dayak Kalimantan Barat, Srilinus Lino, menyoroti isu kelangkaan dan kenaikan harga beras di sejumlah gerai ritel di kawasan sentra produksi beras yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

Lino memahami bahwa isu kelangkaan pangan bisa saja menyebabkan masyarakat menjadi cemas dan berpotensi melakukan panic buying.

Namun, Lino meminta masyarakat untuk mempercayai pemerintah yang telah mengambil solusi untuk mengatasi isu kelangkaan dan kenaikan harga beras.

“Saya berharap masyarakat tidak panik. Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan sudah memikirkan solusinya melalui percepatan penyaluran beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan ke pasar rakyat dan ritel modern,” kata Lino kepada Pranusa.ID pada Kamis (22/2/2024).

Lino mengapresiasi langkah gesit Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam mengatasi isu kelangkaan dan menjaga stabilitas harga komoditas beras.

“Kami Pemuda Dayak tentu mendukung kebijakan yang diambil Pak Zulhas. Semoga kebijakan ini bisa segera menjawab dan menghilangkan kekhawatiran masyarakat,” ujar Lino.

Diketahui, Mendag Zulhas baru-baru ini menyatakan bahwa pemerintah akan mempercepat penyaluran beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) ke pasar rakyat dan ritel modern guna menjaga stabilitas harga komoditas tersebut.

“Pemerintah mengambil solusi untuk mempercepat penyaluran beras SPHP dari Bulog guna mengantisipasi kenaikan harga beras premium di ritel modern,” kata Zulkifli di Jakarta, Senin (19/2).

Mendag mengatakan saat ini pasokan beras premium tidak sebanyak kondisi normal karena adanya gangguan fenomena cuaca El Nino yang mengakibatkan mundurnya masa tanam dan panen.

“Suplai lokal beras premium tidak sebanyak dulu karena El Nino sehingga harganya naik. Sekarang ada beras Bulog SPHP yang menjadi alternatif. Gangguan suplai ke pasar harus ditanggulangi agar tidak melambat,” jelas Zulkifli.

Ia berharap masyarakat tidak perlu khawatir karena stok beras di Bulog cukup.

Mendag juga mengajak masyarakat beralih ke beras SPHP dengan harga jual sesuai harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp54.000 per 5 kilogram. Selain itu, pemerintah melalui Perum Bulog akan menyalurkan beras SPHP ke ritel modern guna mengatasi keterlambatan pasokan beras premium.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, jadi kalau beras premium mengalami kenaikan, masyarakat bisa membeli beras SPHP yang tersedianya di pasar rakyat dan ritel modern,” tambah Zulhas, sapaan akrab Mendag.

Ia menyampaikan bahwa saat ini terpantau stok beras Bulog tersedia cukup melimpah yang tercatat lebih dari 1 juta ton. Pemerintah pun siap menyalurkan beras Bulog untuk mengisi pasokan di pasar rakyat dan ritel modern melalui program SPHP beras di tingkat konsumen.

Sebelumnya, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso meninjau Transmart Cempaka Putih dan Pasar Rawasari, dan ritel modern Transmart di pusat perbelanjaan Mall Kota Kasablanka, Jakarta.​​​​​​​

Dari hasil peninjauan tersebut, beberapa ritel modern enggan mengambil beras premium karena harga jual telah mencapai kisaran Rp72.000 hingga Rp80.000 per 5 kilogram, sementara HET sebesar Rp 69.500 per 5 kilogram.

Situasi ini membuat sebagian besar ritel modern memilih untuk tidak menjual beras premium karena harus membeli dari pemasok dengan harga di atas HET. (*)

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top