Perangi Corona, Sri Mulyani Siap Tambah Utang | Pranusa.ID

Perangi Corona, Sri Mulyani Siap Tambah Utang


(Foto: cnbc indonesia)

PRANUSA.ID — Dalam rapat daring yamg digelar bersama Komisi XI DPR RI, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memaparkan lima strategi pembiayaan tahun anggaran (TA) 2020 untuk menyehatkan kembali APBN yang sempat terguncang selama pandemi virus corona atau Covid-19.

“Ekonomi nasional menghadapi tekanan setelah penerimaan pajak tidak sesuai ekspektasi, PNBP, hingga penurunan harga komoditas sehingga penerimaan negara turun 10 persen. Namun, pemerintah harus meningkatkan pembiayaan sektor kesehatan, bansos dan berbagai bantuan safety net lainnya,” kata Sri Mulyani dilansir liputan6.com, Kamis (30/4/2020).

Lima strategi yang dipaparkan pemerintah adalah sebagai berikut. Pertama, optimalisasi pembiayaan utang untuk mendukung kesinambungan fiskal dan pembiayaan non-utang (investasi dan biaya lainnya).

Kedua, fleksibilitas pinjaman tunai untuk pembiayaan yang bersumber dari development partners berupa pinjaman program baik bilateral maupun multilateral senilai USD 6 triliun sampai USD 8 miliar.

“Tersedia opsi bagi pemerintah untuk meningkatkan pembiayaan yang bersumber dari Bank Dunia, ADB, AFD, KfW, JICA, EDCF, dan AIIB, serta lembaga donor,” jelas dia.

Ketiga, fleksibilitas penambahan surat berharga negara (SBN) melalui penerbitan SBN domestik dan SBN valas dengan total nilai USD 10 hingga 12 miliar. Kendati demikian, tetap memperhatikan kondisi pasar keuangan yang ada.

Pemerintah juga membuka kesempatan permintaan private placement dari BUMN atau lembaga lainnya seperti LPS, BPKH, dan sebagainya.

Keempat, mengutamakan penerbitan surat berharga negara (SBN) melalui mekanisme pasar seperti penerbitan obligasi retail senilai Rp50,75 triliun.

Kelima, optimalisasi dukungan Bank Indonesia (BI) sebagai sumber pembiayaan yang bersifat last resort atau back stop.

“Sedang dilakukan pembahasan dengan Bank Indonesia mengenai strategi dan mekanisme pembiayaan tersebut,” pungkas dia. (*)

Berita Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Top